Pemanfaatan Tepung Jahe, Kunyit dan Temulawak Dalam Ransum Sebagai Sumber Premix untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam Buras Di Desa Tanjek Wangir Kecamatan Krembung kabupaten Sidoarjo

Mohammad Anam Al Arif, ,- and Herman Setyono, ,- and Mirni Lamid, ,- (2009) Pemanfaatan Tepung Jahe, Kunyit dan Temulawak Dalam Ransum Sebagai Sumber Premix untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam Buras Di Desa Tanjek Wangir Kecamatan Krembung kabupaten Sidoarjo. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
LP 45-11 ARI-P.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Secara umum pemeliharaan ayam buras di Di Desa Tanjek Wangir Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo masih berpola ekstensif dan sebagai usaha sambilan. Apabila pola pemeliharaannya semi intensif dan intensif penuh kemampuan produk:si setiap ekomya dapat mencapai 140 butir/ tahun. Perbaikan pola pemeliharaan intensif dimaksudkan adalali dengan penerapan teknologi tepat guna melalui pemberian pakan yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan kesehatan ayam. Pada saat ini banyak terjadi kasus penyakit pada unggas terutama mewabahnya kasus flu burung, maka perlu dilakukan usaha peningkatan kesehatan temak melalui pemberian vitamin dan antibiotika . Berdasarkan laporan dari sejumlah peternak unggas, penggunaan ramuan seperti jahe, kunyit dan temulawak yang dicampurkan pada air minum dan pakan unggas dapat meningkatkan nafsu makan dan menghindarkan unggas terserang penyakit flu burung. Dalam tanaman obat seperti kunyit, jahe dan temulawak terdapat kandungan senyawa aktif seperti alkaloid, fenolik, tripenoid, minyak atsiri glikosida yang bersifat antivirus, antibakteri dan imunomodulator (peningkatan daya tahan tubuh). Tujuan yang akan dicapai : 1. Meningkatkan bobot badan dan produk:si telur ayam buras yang ada di Desa Tanjek Wangir dalam rangka pengembangan usaha petemakan a yam buras, 2. Mengaplikasikan teknologi terapan penggunaan tepung jahe, kunyit dan temulawak dalam ransum sebagai pakan tambahan dikalangan petemak ayam buras di Desa Tanjek Wangir, 3. Mengetahui peningkatan keuntungan yang diperoleh petemak jika menggunakan tepungjahe, kunyit dan temulawak dalam ransum ayam buras.

Item Type: Other
Additional Information: LP 45-11 ARI-P
Uncontrolled Keywords: Tepung Jahe; Kunyit; Temulawak; Ransum
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Klinik Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Mohammad Anam Al Arif, ,-NIDN0026096209
Herman Setyono, ,-NIDN-
Mirni Lamid, ,-NIDN0016016204
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 09 Dec 2022 06:17
Last Modified: 09 Dec 2022 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item