SITI KASPIATIN, 040137325 (2005) PENGARUH PENGENALAN MEREK TERHADAP NIAT BELI MELALUI KEYAKINAN DAN SIKAP KONSUMEN ATAS ATRIBUT SEPEDA MOTOR HONDA KARISMA X 125 D DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-kaspiatins-6191-b30805-k.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-kaspiatins-6191-b30805.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan akan sarana transportasi meningkat tajam, sehingga banyak produsen otomotif yang mengembangkan usahanya dengan memproduksi produk baru untuk meningkatkan penjualan. Sebelum membeli kadang-kadang konsumen memeriksa dan membandingkan produk tersebut dengan produk lain, tapi pada dasarnya konsumen akan percaya pada produk yang mempunyai merek terkenal. Penelitian ini diambil untuk mengetahui pengaruh pengenalan merek terhadap niat beli melalui keyakinan dan sikap konsumen atas sepeda motor Honda Karisma X125 D di Surabaya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari konsep consumer decision model dari Howard (1994). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, variabel eksogen (pengenalan merek), dan variabel endogen (keyakinan, sikap konsumen, dan niat beli). Penelitian ini mengambil produk sepeda motor Honda Karisma X 125 D karena produk ini merupakan produk terbaru dari Honda, sehingga belum semua orang mengenal/mengetahui akan sepeda motor Honda Karisma X 125 D. Sampel yang digunakan adalah 120 responden yang berusia 17 tahun ke atas dan telah mengenal/mengetahui sepeda motor Honda Karisma X 125D dan berdomisili di Surabaya. Tehnik analisa yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), dengan menggunakan pendekatan maximum likelihood estimation (MLE) dan menggunakan software AMOS 4.01 dan SPSS 11.0 sebagai alat untuk mengolah data. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitan ini, menunjukkan bahwa variabel pengenalan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keyakinan dan sikap, yaitu sebesar 0,849 dan 0,733. Keyakinan dan sikap konsumen juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat beli, yaitu sebesar 0,439 dan 0,347. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa pengaruh pengenalan merek terhadap niat beli melalui keyakinan lebih besar dari pada pengaruh pengenalan merek terhadap niat beli melalui sikap. Hal ini dapat dilihat dari diagram path dari hasil pengolahan data. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan keyakinan dan menciptakan sikap yang positif terhadap sepeda motor Honda Karisma X 125D di Surabaya. Misalnya, meningkatkan komunikasi atas sepeda motor Honda Karisma X 125D dengan cara mengadakan perlombaan balap motor, membuka dealer khusus sepeda motor Honda bekas, mendistribusikan suku cadang asli ke berbagai toko onderdil sepeda motor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 308/05 Kas p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; TRADEMARKS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 15 Jul 2016 07:55 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1192 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |