Pengaruh Faktor Alpha Dalam Kepribadian Big Five, Environmental Demands, Dan Tipe Kedekatan Hubungan Terhadap Persepsi Atas Kegunaan & Likeability Fitur Read Receipts Pada Receiver

Adya, Bianda Pengaruh Faktor Alpha Dalam Kepribadian Big Five, Environmental Demands, Dan Tipe Kedekatan Hubungan Terhadap Persepsi Atas Kegunaan & Likeability Fitur Read Receipts Pada Receiver. Pengaruh Faktor Alpha Dalam Kepribadian Big Five, Environmental Demands, Dan Tipe Kedekatan Hubungan Terhadap Persepsi Atas Kegunaan & Likeability Fitur Read Receipts Pada Receiver. (Unpublished)

[img] Text
Submit BRPKM_Bianda Mauly Adya_111911133190_Pengaruh Faktor-Faktor Internal & Konteks Sosial terhadap Persepsi atas Kegunaan & Likeability Fitur Read Receipt pada Receiver.docx.pdf - Draft Version

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan fitur read receipts menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian pengguna. Penelitian ini menguji keberadaan peran faktor alpha dalam kepribadian big five (neuroticism, agreeableness, dan conscientiousness); tipe kedekatan hubungan dengan lawan bicara; dan environmental demands dalam memprediksi sikap emerging adults atas fitur read receipts pada penerima pesan. Responden survei ini (N = 210) berusia 18–25 tahun, bertempat tinggal di Indonesia, dan merupakan pengguna aplikasi pesan singkat. Dilakukan analisis korelasi penuh dan regresi linier berganda hierarkis. Ditemukan keberadaan peran faktor alpha dalam memprediksi sikap emerging adults atas read receipts pada penerima pesan, hanya jika kedekatan hubungan tidak diperhitungkan dalam analisis; kedekatan hubungan dengan lawan bicara memainkan peran yang sangat besar dalam memprediksi sikap; dan tidak ditemukan keberadaan peran environmental demands dalam memprediksi sikap. Penelitian selanjutnya dapat mencoba melihat peran mediasi dampak emosional dan perilaku dari fitur read receipts terhadap sikap atas fitur read receipts dan mengontrol distraksi yang ditimbulkan dari fitur read receipts, jenis pekerjaan, dan tingkat media multitasking. Pengembang aplikasi pesan singkat dapat mengembangkan pengaturan fitur read receipts agar dapat diaktivasi pada lawan bicara tertentu saja.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Creators:
CreatorsNIM
Adya, Bianda111911133190
Depositing User: Bianda M Adya
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:17
Last Modified: 05 Jan 2023 00:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119420
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item