Comparing the Concept of Halal Tourism in Indonesia, Thailand, and Malaysia (Membandingkan Konsep Wisata Halal di Indonesia, Thailand, dan Malaysia)

imam mawardi, - and Rahma Sugihartati, - and Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM. (2022) Comparing the Concept of Halal Tourism in Indonesia, Thailand, and Malaysia (Membandingkan Konsep Wisata Halal di Indonesia, Thailand, dan Malaysia). Comparing the Concept of Halal Tourism in Indonesia, Thailand, and Malaysia (Membandingkan Konsep Wisata Halal di Indonesia, Thailand, dan Malaysia), 21 (2). pp. 178-192. ISSN 2442-8469

[img] Text (ARTIKEL)
3 Comparing the Concept of Halal Tourism in Indonesia, Thailand, and Malaysia.pdf

Download (356kB)
[img] Text (TURNITIN)
3 TURNITIN Comparing the Concept of Halal Tourism in Indonesia, Thailand, and Malaysia (Membandingkan.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Validasi & Kesesuaian Bidang Ilmu)
15 Comparing the Concept of Halal.pdf

Download (641kB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/MOZAIK/article/view/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan dan pemikiran wisata halal di beberapa negara Asia Tenggara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan untuk mengkaji referensi-referensi sebelumnya, seperti buku, media jurnal, dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi industri wisata telah berkembang karena meningkatnya permintaan dari wisatawan muslim yang menyebabkan lahirnya wisata halal. Kondisi ini paling menonjol di negara-negara dengan populasi muslim yang besar. Namun, pariwisata banyak diminati dan dipraktikkan di negara-negara mayoritas muslim dan minoritas muslim. Tren wisata halal memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan ekonomi melalui konsumen yang sebagian besar beragama Islam. Di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai pendukung wisata halal tidak memiliki legalitas formal atau kepastian hukum, tidak seperti JAKIM di Malaysia. Meskipun demikian, konsep wisata halal sendiri masih berbeda di setiap negara. Simpulannya, konsep wisata halal tidak hanya menekankan nilai-nilai religi, tetapi juga pada sektor ekonomi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
imam mawardi, -UNSPECIFIED
Rahma Sugihartati, -UNSPECIFIED
Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Khamim Sahid
Date Deposited: 15 Apr 2023 07:41
Last Modified: 15 Apr 2023 07:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item