Produksi Senyawa Bioaktif Antimikroba Pada Dumortiera Hirsuta Dengan Bioteknologi Kultur Jaringan: Identifikasi Senyawa Bioaktif Antimikroba Pada Lumut Hati (Dumortiera hirsuta)

Junairiah, - (2012) Produksi Senyawa Bioaktif Antimikroba Pada Dumortiera Hirsuta Dengan Bioteknologi Kultur Jaringan: Identifikasi Senyawa Bioaktif Antimikroba Pada Lumut Hati (Dumortiera hirsuta). Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKC KK LP.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lumut Kati Dumortiera hirsuta rnemiliki potensi sebagai antimikroba. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas antimikroba ekstrak kalus dan mekanisme penghambatan senyawa antimikroba ekstrak kalus terhadap mikroba patogen i.Staphylocossus aureus ATCC 25923, Escherichia coil ATCC 25922, clan Candida albicans ATCC 10231. Aktivitas antimikroba diuji dengan metode difusi cakram dan pengenceran dalam tabung. Data diameter zona hambat dan nilai MIC dianalisis secara deskriptif Ekstrak kalus dianalisis dengan GCMS. Berdasarkan hasil penettian ekstrak kloroforrn menunjukkan aktivitas antimikroba yang tinggi terhadap Candida albicans dibandingkan dengan Staphylococcus aureus dan Escherichia cok Mekanisme penghambatan senyawa antimikroba ekstrak kalus terhadap mikroba patogen adalah dengan merusak biomembran mikroba.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP Jun P
Uncontrolled Keywords: Senyawa Bioaktif Antimikroba, Bioteknologi Kultur Jaringan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Junairiah, -NIDN0014077104
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:07
Last Modified: 16 Jan 2023 03:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119552
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item