Pengaruh Ion Logam Krominium (VI) Dan Ion Logam Timbal (II) Terhadap Degradasi Fotokatalitik Limbah Pentaklorofenol Dengan Suspensi Tio2

Drs. Hamami, M.Si., - (2005) Pengaruh Ion Logam Krominium (VI) Dan Ion Logam Timbal (II) Terhadap Degradasi Fotokatalitik Limbah Pentaklorofenol Dengan Suspensi Tio2. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text
KKC KK LP 116-07 Ham p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkernbangan industri yang semakin pesat membawa dampak positif dan negatif bagi manusia dan lingkungannya. Salah satu dampak negatif tersebut adalah pencemaran Iingkungan oleh Iimbah industri, balk padat, cair maupun gas. Salah satu Iimbah cair yang berbahaya bagi Iingkungan adalah fenol, yang banyak digunakan dalam industri dan rumah tangga. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menanggulanginya antara lain dengan adsorpsi dengan karbon aktif, oksidasi kimiawi, dan melalui proses bioteknologi yang kesemuanya memiliki kekurangan dan keterbatasan. Degradasi fotokatalitik menggunakan suspensi TiO2 merupakan teknologi alternatif untuk pengolahan Iimbah cair organik. Penelitian ini melakukan degradasi fotokatalitik dengan menggunakan suspensi Ti02. Percobaan dilakukan untuk mengetahui pengaruh ion logam kromium (VI) dan timbal (II) terhadap proses degradasi fotokatalitik fenol. Proses degradasi fenol dilakukan dalam reaktor dengan bejana berukuran 1 liter, dengan konsentrasi katalis 2 g/L dan konsentrasi fenol 20 mg/L. suspensi ini diirradasi selama 8 jam menggunakan sinar UV dengan daya 20 watt. Proses degradasi terjadi ketika semikonduktor mengadopsi cahaya yang sesuai dengan energi celah pitanya sehingga terjadi pemisahan muatan. Elektron (e") dari pita valensi akan mengalami eksitasi ke pita konduksi meninggalkan lubang positif (hi) di pita valensi. Lubang positif (h+) dapat bereaksi dengan H2O yang teradsorpsi secara fisika maupun dengan OH- yang teradsorpsi secara kimia untuk membentuk *OH. •OH merupakan spesies netral yang sangat reaktif menyerang molekul organik dan mendegradasinya menjadi CO2 dan H2O Hasil pengamatan menunjukkan bahwa ion logam kromium (VI) mernberikan pengaruh proses degradasi fotokatalitik sedangkan untuk ion Timbal (II) menampakkan pengaruh terhadap proses degradasi fotokatalitik fenol. Tanpa adanya kedua ion logam tersebut, degradasi berlangsung Iebih balk, selama periode waktu 8 jam penurunan konsentrasi fenol mencapai 79% sedangkan degradasi dengan adanya kedua ion logam tersebut, penurunan konsentrasi fend sebesar 77%.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: Ion Logam Krominium (VI), Ion Logam Timbal (II), Limbah Pentaklorofenol
Uncontrolled Keywords: KKC KK LP 116-07 Ham p
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Drs. Hamami, M.Si., -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:38
Last Modified: 16 Jan 2023 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119554
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item