Pendayagunaan lnstrumen PDI-LED Untuk Optimasi Photodinamik Inaktivasi Bakteri Vibrio cholerae Dengan Eksogen 5-Aminolevulinic Acid

Suryani Dyah Astuti, ,- and Agus Supriyanyo, ,- and Kuwat Triyana, ,- (2012) Pendayagunaan lnstrumen PDI-LED Untuk Optimasi Photodinamik Inaktivasi Bakteri Vibrio cholerae Dengan Eksogen 5-Aminolevulinic Acid. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
LP 48-1320221109.pdf

Download (16MB)

Abstract

Bakteri Vibrio cholerae telah diketahui memiliki peran penting sebagai penyebab penyakit kolera baik epidemik maupun pandemik pada manusia. Terapi sistemik untuk inaktivasi bakteri dengan menggunakan antibiotik menimbulkan masalah resistensi. Sehingga diperlukan metode terapi yang bersifat efektif dan selektif. Salah satunya adalah metode photodinamik (PDI) dengan penyinaran foton cahaya. Secara alamiah beberapa bakteri menghasilkan porphyrin yaitu molekul pengabsorpsi cahaya yang bersifat photosensitizer (peka terhadap cahaya). Kombinasi cahaya dengan spektrum panjang gelombang yang sesuai dengan spektrum absorpsi photosensitizer akan menyebabkan photodamage pada bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyinaran LED biru 430 nm pada berbagai daya PWM dengan durasi waktu penyinaran 40 menit pada bentuk fisis sel, profil pita protein dan profillipid membran bakteri Vibrio cholerae Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris, disusun menggunakan ancangan acak lengkap dengan variabel bebas adalah penyinaran LED biru pada berbagai daya PWM (0%, 25%, 50%, 100%) dengan durasi waktu penyinaran 40 menit. Uji fisis sel bakteri dengan menggunakan SEM, uji profil protein bakteri dengan SDS-Page dan uji asam lemakjenuh bakteri dengan GC. Analisis data menggunakan uji anova satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyinaran LED biru 430 nm daya PWM 75% durasi waktu 40 menit menyebabkan perubahan pada pita protein 72 kDa, 68 kDa dan 35 kDa dan penurunan kuantitas asam lemak jenuh miristat, palmitat dan laurat serta adanya kerusakan pada dinding sel bakteri. Jadi metode fotodinamik inaktivasi bakteri dapat membunuh bakteri secara selektif.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: LP 48-12
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC871-874.8 Technique, Instructions for Observers
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Suryani Dyah Astuti, ,-NIDN0008046902
Agus Supriyanyo, ,-NIDN
Kuwat Triyana, ,-NIDN
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:30
Last Modified: 17 Jan 2023 04:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119575
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item