Teknologi Pembuatan Silase Rumput Gajah dan Jerami Padi dengan Probiotik sebagai Sumber Pakan Ternak Di Musim Kemarau untuk Penggemukan Sapi Potong Di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo

Mirni Lamid, - and Kusriningrum, - and Herman Setyono, - (2009) Teknologi Pembuatan Silase Rumput Gajah dan Jerami Padi dengan Probiotik sebagai Sumber Pakan Ternak Di Musim Kemarau untuk Penggemukan Sapi Potong Di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Other. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Pengmas)
LP 53-11 Lam t.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah utarna dalarn pengembangan peternakan sapi potong adalah kualitas, kuantitas dan kontinuitas ketersediaan Hijauan Pakan Ternak (HPT). Adanya intensifikasi pangan berakibat meningkatnya produksi jerarni padi juga melimpah setiap tahun. Untuk menghindari fluktuasi penyediaan hijauan pakan diperlukan suatu upaya teknologi pengolahan HPT, yaitu dengan proses fennentasi anaerobic yang disebut silase. Tujuan dilakukan silase adalah untuk mempertahankan kesegaran hijauan pakan sehingga kualitasnya tetap baik untuk ternak dengan demikian pada musim kemarau kebutuhan gizi ternak tetap dapat terpenuhi. Cara yang praktis untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai nutrisi hijauan (rumput, jerarni padi) dapat dilakukan dengan penarnbahan probiotik (terdiri dari bakteri selulolitik, lipolitik, proteolitik dan bakteri nitrogen non simbiosis) yang merupakan kultur mikroba berfungsi memecah struktur jaringan serat kasar yang sulit terurai dengan penggunaan bekatul sebagai sumber karbohidrat. Umumnya proses fennentasi anaerobic pada pakan hijauan membutuhkan waktu yang lama sekitar 2-3 bulan, narnun dengan pemanfaatan probiotik dibutuhkan waktu yang relative lebih singkat Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini : 1. Mengatasi kekurangan hijauan pakan (rumput) bagi ternak sapi potong terutarna pada musim kemarau, 2. Memanfaatkan hijauan pakan (rumput, jerarni padi) yang produksinya melimpah melalui teknologi pengawetan dengan cara silase menggunakan probiotik, sehingga kualitas hijauan pakan tetap baik, 3. Memberi terobosan baru dalam hal peningkatan keterampilan dan pendapatan petani petemak melalui produksi yang efisien. Khalayak sasaran antara dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah beberapa ketua kelompok petemak serta petugas lapangan Dinas Petemakan setempat. Metode yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah dengan cara penyuluhan yang meliputi : 1. Pakan sapi potong, 2. Teknologi pengolahan hijauan pakan temak dengan cara silase, 3. Cara menyusun formula ransum sapi, 4. Kesehatan temak.

Item Type: Monograph (Other)
Additional Information: LP 53-11 Lam t
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
Mirni Lamid, -NIDN0016016204
Kusriningrum, --
Herman Setyono, -0004105401
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:06
Last Modified: 17 Jan 2023 06:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item