SELF MANAGEMENT PROGRAM MENINGKATKAN KOPING, NIAT DAN KEPATUHAN BEROBAT PASIEN PJK (Self Management Programme Improve Coping, Intention, and Medication Adherence in Patients with Coronary Heart Disease)

Hanim Mufarokhah, - and Suhartono Taat Putra, - and Yulis Setiya Dewi, - and - (2016) SELF MANAGEMENT PROGRAM MENINGKATKAN KOPING, NIAT DAN KEPATUHAN BEROBAT PASIEN PJK (Self Management Programme Improve Coping, Intention, and Medication Adherence in Patients with Coronary Heart Disease). Jurnal Ners, 11 (1). pp. 56-62. ISSN P-ISSN : 18583598 | E-ISSN : 25025791

[img] Text (Artikel)
Jurnal 17.pdf

Download (187kB)
[img] Text (KARIL)
KARIL 17.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin 17.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs2.e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/v...

Abstract

Manajemen penyakit jantung koroner (PJK) memerlukan pengobatan seumur hidup. Keberhasilan pengelolaan PJK membutuhkan koping efektif, niat dan kepatuhan berobat dari pasien PJK. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan perubahan koping, niat, dan kepatuhan minum obat pada pasien dengan PJK setelah memberikan program manajemen diri di RSUD Jombang berdasarkan Teori Perilaku Direncanakan. Metode: Desain penelitian adalah quasy exsperimental pretest-posttest group design dengan jumlah sampel 28 secara konsekutif sampling. Variabel independen yaitu self management program dan variabel dependen yaitu koping, niat, kepatuhan berobat. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dengan mengukur tingkat koping, niat dan kepatuhan berobat. Uji statistik yang digunakan adalah mann whitney, wilcoxone signed rank dan t-test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program pengelolaan diri meningkatkan tingkat mengatasi pada pasien dengan PJK (p < 0,001), 2) program manajemen diri meningkatkan tingkat niat pada pasien dengan PJK (p < 0,001), 3) program manajemen diri meningkatkan tingkat kepatuhan pengobatan pada pasien dengan PJK (p < 0,001). Diskusi: Untuk mengubah sebuah perilaku membutuhkan perbaikan tingkat koping dan niat. Hal ini sesuai dengan Teori Perilaku Direncanakan bahwa perubahan perilaku dipengaruhi oleh sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan niat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: self management program, koping, niat, kepatuhan berobat, penyakit jantung koroner
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Hanim Mufarokhah, --
Suhartono Taat Putra, --
Yulis Setiya Dewi, --
--
Depositing User: Eko Kuswanto
Date Deposited: 25 Jan 2023 15:14
Last Modified: 25 Jan 2023 15:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item