Lompat Katak Meningkatkan Derajat Varikokel Dan Menurunkan Kualitas Sperma Pada Olahragawan (Studi Eksperimental Di Sulawesi Utara)

Obrien S. Tendean, - (1995) Lompat Katak Meningkatkan Derajat Varikokel Dan Menurunkan Kualitas Sperma Pada Olahragawan (Studi Eksperimental Di Sulawesi Utara). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (RINGKASAN)
ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
DIS K 40 02 TEN L20230228_11223208_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Varikokel ialah suatu keadaan patologis yang dapat memperburuk kualitas sperma dan dilaporkan bahwa sekitar 30% infertili tas pria berasal dari penderi ta varikokel. Patogenesa terjadinya Varikokel a.l. disebabkan oleh faktor hemodinamik peredaran darah di vena testikularis (v. Spermatika) harus lebih besar dibandingkan dengan tekanan dimuara vena. Olahraga dapat menyebabkan refeks vaso konstriksi arterial di dalam jaringan testis (Brown et al 1983). Latihan lompat katak adalah latihan yang diker jakan dengan posisi tubuh vertikal atau berdiri sambil menggerakkan otot-otot kaki secara aktif dan cepat serta sekaligus otot-otot dada berkontraksi mengadakan tekanan intra torako-abdominal secara bersamaan. Dari latihan - latihan ini ter jadi peningkatan tekanan vena spermatika interna atau pleksus Pampiniformis kiri yang disebabkan oleh tiga faktor, ialah : * posisi tubuh yang vertikal atau berdiri * gerakan otot-otot tungkai bawah yang aktif * tekanan intra torako abdominal yang meningkat. Keadaan di atas mengakibatkan terjadinya varikokel dan memperberat derajat varikokel yang sudah ada. Permasalahan pada peneli tian ini • ialah apakah latihan lompat katak dapat meningkatkan derajat varikokel. Hipotesis pada peneli tian ialah latihan lompat katak yang dilakukan dengan frekuensi dan dalam waktu dan periode tertentu dapat memeperberat varikokel yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan lompat katak yang dilakukan secara rutin dalam waktu dan periode tertentu terhadap derajat varikokel. Selain itu penelitian penelitian ini mencari hubungan antara umur olahragawan, lama, macam olahraga dan lama latihan lompat katak dengan derajat varikokel dan kualitas sperma. Manfaat penelitian ialah diharapkan merupakan masukan bagi para pelatih olahraga dan olahragawan agar selalu mengadakan komunikasi dengan para dokter terkai t (ahli reproduksi dan kesehatan olah raga) untuk melakukan pencegahan terjadinya varikokel dan mencegah peningkatan derajat varikokel. Dengan demikian perencanaan latihan olahraga yang tidak mengakibatkan varikokel tidak dapat menyebabkan infertilitas pria. Dengan demikian maka rancangan peneli tian yang dipergunakan pada peneli tian ini ialah Penelitian eksperirnental dengan The Pre Test Post Test Control Group Design dimana sebagai variable tergantung ialah varikokel, derajat dan kuali tas sperma. Sedangkan variabel bebas adalah umur, macam Olahraga, lama olahraga, lompat katak, perlakuan latihan lompat katak. Penelitian ini dilakukan di Manado dengan 49 olahragawan PON 1993 Sulawesi Utara sebagai subyek penelitian. Pengurnpulan data . dilakukan dengan wawancara dan pemeriksaan fisik, Andrologis dan laboratoris. Subyek penelitian dibagi menjadi 2 kelornpok secara acak kelompok (Stratified random sampling). Analisis statistik yang dipergunakan ialah analisis deskriptif (frekuensi, distribusi), kornparasi (Tes Wilcoxon dan U Mannwhitney) dan korelasi (Tes Kendall).

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KK KKA Dis K 40-02 Ten l
Uncontrolled Keywords: Varikokel , Kualitas Sperma
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Obrien S. Tendean, -0991110651D
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorArif Adimoelja, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:53
Last Modified: 14 Mar 2023 01:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119941
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item