Analisis Pemangku Kepentingan Pengelolaan Sumber Daya Hutan di Kabupaten Jember (Studi Kasus di Desa Tugusari Kabupaten Jember)

Erna Setijaningrum, ,- (2020) Analisis Pemangku Kepentingan Pengelolaan Sumber Daya Hutan di Kabupaten Jember (Studi Kasus di Desa Tugusari Kabupaten Jember). Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19 (2). pp. 188-201. ISSN 2656-5277

[img] Text
A The Analysis of Stakeholder.pdf

Download (1MB)
[img] Text
K Analisis Pemangku.pdf

Download (267kB)
Official URL: https://nakhoda.ejournal.unri.ac.id/index.php/njip...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stakeholder dalam pengelolaan sumber daya hutan di Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkurangnya lahan kritis secara drastis di Kabupaten Jember, atau dengan kata lain adanya keberhasilan konservasi hutan pada periode 2011-2015. Dalam menjawab rumusan masalah dan menganalisis stakeholder menggunakan pendekatan stakeholder dengan teori Overseas Development Administration untuk mengidentifikasi stakeholder. Sedangkan untuk kategorisasi dan interelasi stakeholder menggunakan teori Reed. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini telah mengidentifikasi pemangku kepentingan primer, sekunder dan kunci. Pemangku kepentingan utama adalah LMDH Wana Makmur dan Pemerintah Desa Tugusari. Stakeholder sekunder adalah PHW Unit VII wilayah kerja Bondowoso Jember. Pemangku kepentingan utama adalah perusahaan publik Perhutani KPH Jember. Sedangkan kategori stakeholder terdiri dari key player, contact setter, subject, dan crowds. Kategori utama adalah perusahaan publik Perhutani KPH Jember. Pembuat kontrak, yaitu Pemerintah Desa. Subjek penelitian adalah LMDH Wana Makmur dan Crowd yaitu UPT PHW VII Bondowoso wilayah kerja Jember. Sedangkan interelasi antara pemangku kepentingan LMDH Wana Makmur dengan perusahaan publik Perhutani KPH Jember berjalan dengan baik karena sering mengadakan rapat koordinasi dan keterlibatan kolaboratif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keberhasilan pengelolaan sumber daya hutan di Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember adalah karena adanya keterkaitan yang sangat baik antar pelaku kunci dan pelaku.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Erna Setijaningrum, ,-NIDN0003067002
Depositing User: ahmad alza
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:54
Last Modified: 28 Feb 2023 06:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item