Waste Problem: An Analysis of Development Policy Instrument of the Regional Regulation Number 8 of 2013 in Sampang Regency

Erna Setijaningrum, - (2019) Waste Problem: An Analysis of Development Policy Instrument of the Regional Regulation Number 8 of 2013 in Sampang Regency. In: Proceedings of the 2nd Annual International Conference on Business and Public Administration (AICoBPA 2019), 2019.

[img] Text
K Waste Problem.pdf

Download (202kB)
[img] Text
A Waste Problem An Analysis.pdf

Download (318kB)
[img] Text
T Waste Problem_.pdf

Download (949kB)
Official URL: https://www.atlantis-press.com/proceedings/aicobpa...

Abstract

Saat ini, lingkungan hidup merupakan masalah yang selalu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, swasta, dan pemerintah. Adanya masalah atau kerusakan lingkungan akan selalu bersinggungan dengan aspek kehidupan lainnya. Masalah sampah merupakan masalah utama dalam masalah lingkungan, terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia, sehingga menjadi perhatian serius bagi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah. Misalnya, Pemerintah Kabupaten Sampang memiliki tanggung jawab terhadap masalah sampah di wilayahnya. Kabupaten Sampang merupakan salah satu kabupaten yang berhasil dalam program pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang ada. Kajian ini mencoba melihat berdasarkan analisis perkembangan instrumen kebijakan dalam Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sampang dengan menggunakan teori instrumen kebijakan oleh Michael Howlett sebagai alat analisisnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan studi dokumentasi untuk memperkuat bukti-bukti dalam penelitian. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah empat orang. Validitas data menggunakan triangulasi sumber (data) mengikuti pedoman Miles, Huberman, dan Johni Saldana dalam analisis interaktif. Hasil di lapangan menunjukkan bahwa terdapat beberapa instrumen kebijakan pembangunan yang digunakan Pemerintah Kabupaten Sampang dalam mengimplementasikan Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Erna Setijaningrum, -NIDN0003067002
Depositing User: ahmad alza
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:52
Last Modified: 28 Feb 2023 06:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120198
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item