Pengembangan Bedside Handover SBAR dengan Aplikasi Android terhadap Keselamatan Pasien

Sumail, - and Tintin Sukartini, - and Agus Santoso Budi, - and Misutarno, - (2022) Pengembangan Bedside Handover SBAR dengan Aplikasi Android terhadap Keselamatan Pasien. Jurnal Keperawatan, 14 (3). pp. 685-702. ISSN e-ISSN 2549-8118; p-ISSN 2085-1049

[img] Text (Artikel)
Artikel.pdf

Download (594kB)
[img] Text (KARIL)
KARIL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keper...

Abstract

Keselamatan pasien merupakan aspek penting dari asuhan keperawatan dan ukuran keunggulan kualitas pelayanan rumah sakit. Komunikasi efektif yang singkat, akurat, lengkap, jelas, dan mudah dipahami oleh penerima pesan merupakan salah satu dimensi keselamatan pasien yang akan mengurangi kesalahan dan dengan demikian meningkatkan keselamatan pasien. Tujuan Penelitian ini untuk Mengembangkan ‘bedside handover SBAR’ dengan aplikasi android terhadap keselamatan pasien di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Design penelitian ini menggunakan explorative descriptive research dengan pendekatan research and development (R&D). Populasi dalam penelitian ini, yaitu perawat IRNA BEDAH yang berjumlah 110 orang yang mempunyai android Teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 34 sesuai kriteria inklusi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi. uji validitas dan reliabilitas instrument menggunakan bantuan program SPSS dengan uji korelasi pearson’s product moment, Penelitian ini dilakukan mulai bulan Oktober – Mei 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas dengan bantuan program SPSS dengan uji korelasi pearson’s product moment, dimana r tabel dengan responden sejumlah 10 adalah 0,632. Seluruh item soal instrument feasibilitas memiliki hasil uji korelasi pearson’s product moment dengan r hitung > r tabel sehingga item tersebut dinyatakan valid. Untuk analisis uji realibilitas menggunakan SPSS, hasil Cronbach alpha dari 15 item pertanyaan adalah 0,775. hasil reabilitas bedside handover SBAR dengan aplikasi android menunjukkan Seluruh item soal memiliki hasil uji cronbach alpha > dari nilai signifikan sehingga item tersebut dinyatakan reliabel. Aplikasi android bedside handover SBAR terhadap keselamatan pasien dapat bermanfaat dan layak untuk digunakan oleh perawat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: android, bedside handover, patient safety
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Departemen Keperawatan Dasar, Kritis dan Medikal Bedah > Keperawatan Medikal Bedah (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Sumail, --
Tintin Sukartini, --
Agus Santoso Budi, --
Misutarno, --
Depositing User: Eko Kuswanto
Date Deposited: 01 Mar 2023 10:23
Last Modified: 01 Mar 2023 10:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item