MODEL ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENTMENINGKATKAN KEPATUHAN PASIEN DALAM PENGOBATAN TUBERKULOSIS(Knowledge-Management-Based-Nursing Care Model Improves Patient Adherence to Tuberculosis Treatment)

Ninuk Dian Kurniawati, - and Abu Bakar, - and Eka Mishbahatul, - and Elida Ulfiana, - and Erna Dwi Wahyuni, - and Laily Hidayati, - and Hanik Endang Nihayati, - and Retnayu Pradanie, - and Kristiawati, - and - (2016) MODEL ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENTMENINGKATKAN KEPATUHAN PASIEN DALAM PENGOBATAN TUBERKULOSIS(Knowledge-Management-Based-Nursing Care Model Improves Patient Adherence to Tuberculosis Treatment). Jurnal Ners, 11 (1). pp. 99-105. ISSN Online ISSN : 2502-5791 Print ISSN : 1858-3598

[img] Text (Artikel)
Artikel.pdf

Download (213kB)
[img] Text (KARIL)
KARIL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/1...

Abstract

Pendahuluan.TB paru tetap menonjol sebagai salah satu masalah kesehatan masyarakat di dunia. Pasien non-kepatuhan terhadap pengobatan merupakan kontributor yang signifikan untuk resistensi obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keampuhan modelasuhan keperawatan untuk mencegah non-kepatuhan. MetodePenelitian ini terdiri dari dua tahap: tahap satu, pengembangan model, menggunakan analisis deskriptif, dan tahap dua, pengujian model, menggunakan desain kuasi-eksperimental. Peserta, terdiri kedua pasien dan perawat di dua pusat kesehatan di Surabaya, direkrut oleh consecutive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dikelola sendiri-kuesioner, check-list dan diskusi kelompok terfokus. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kedua kuadrat terkecil parsial dan uji Wilcoxon. Hasil.model secara statistik efektif untuk meningkatkan hampir semua aspek kepatuhan pasien terhadap pengobatan TB (pengetahuan, disiplin dalam mengambil obat keteraturan kontrol, dan kemampuan untuk memantau hasil pengobatan dengan p <0,05), kecuali untuk kemampuan untuk mengatasi obat yang merugikan efek (p=1.000). Hal ini dimungkinkan karena jarang melakukan pasien sadar akan efek samping obat, sehingga pengalaman mereka mungkin terbatas. Diskusi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa model asuhan keperawatan KM terbukti efektif untuk meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan. studi di masa depan disarankan untuk mengevaluasi dampak dari model asuhan keperawatan KM dalam populasi yang lebih besar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis paru, kepatuhan pasien, model pelayanan keperawatan, manajemen pengetahuan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Ninuk Dian Kurniawati, --
Abu Bakar, --
Eka Mishbahatul, --
Elida Ulfiana, -NIDN0713107903
Erna Dwi Wahyuni, --
Laily Hidayati, --
Hanik Endang Nihayati, -NIDN. 0016067610
Retnayu Pradanie, -NIDN0006068408
Kristiawati, --
--
Depositing User: Eko Kuswanto
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:19
Last Modified: 08 Mar 2023 01:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120336
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item