PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (GURU DAN ORANG TUA)TANGGAP BAHAYA TERSEDAK DI KB-TK KHADIJAH SURABAYACommunity Empowerment (Teachers and Parents) to Respond Choking Hazard in KB-TK Khadijah Surabaya

Erna Dwi Wahyuni, - and Deni Yasmara, - and SRIYONO, - and Yulis Setiya Dewi, - and Ninuk Dian Kurniawati, - and Nadia RohmatulLaili, - and Hakim Zulkarnain, - and Arina Qona’ah, - (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (GURU DAN ORANG TUA)TANGGAP BAHAYA TERSEDAK DI KB-TK KHADIJAH SURABAYACommunity Empowerment (Teachers and Parents) to Respond Choking Hazard in KB-TK Khadijah Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 5 (1). pp. 25-31. ISSN P-ISSN 2580-9156 e-ISSN 26218305

[img] Text (Artikel)
Artikel.pdf

Download (375kB)
[img] Text (KARIL)
KARIL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.ph...

Abstract

Pendahuluan: Tersedak merupakan kondisi kegawatan pernapasan yang harus cepat ditangani. Bayi dan anak – anak adalah kelompok umur yang paling berpotensi untuk mengalami tersedak disebabkan oleh tidak dikunyahnya makanan dengan sempurna, makan terlalu banyak pada satu waktu dan memasukkan benda-benda padat kecil ke dalam mulut.Tujuan:Melakukan pemberdayaan masyarakat dalam hal ini guru, care giver/bunda KB (kelompok bermain) dan orang tua siswa KB-TK Khadijah Surabaya dalam penanganan kasus tersedak pada anak dan bayi. Metode:Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, diskusi, simulasi/demonstrasi oleh fasilitator yang kemudian dilanjutkan dengan redemonstrasi oleh peserta/audience sebagai evaluasi.Hasil:Setelah dilakukan pengabdian kepada masyarakat terdapat peningkatan kemampuan peserta yang ditunjukkan oleh peningkatan pengetahuan dan efikasi diri sebelum dan sesudah kegiatan pengabdian masyarakat. Para guru dan orang tua juga dapat melakukan redemonstrasi secara benar setelah dilakukan pengabdian masyarakat ini. Diskusi:Pengetahuan terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Metode simulasi/demonstrasi mempermudah guru dan orang tua untuk mengetahui cara penanganan tersedak melalui indera mata dan telinga, sehingga mudah untuk dipahami. Pengetahuan kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang.Simpulan:Pengabdian masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan efikasi diri terhadap penanganan kasus tersedak pada anak dan bayi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tersedak, pemberdayaan masyarakat, pengetahuan, efikasi diri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Erna Dwi Wahyuni, --
Deni Yasmara, --
SRIYONO, --
Yulis Setiya Dewi, --
Ninuk Dian Kurniawati, --
Nadia RohmatulLaili, --
Hakim Zulkarnain, --
Arina Qona’ah, --
Depositing User: Eko Kuswanto
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:45
Last Modified: 08 Mar 2023 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item