Variasi Pola Dermatoglifik, Jumlah Rigi Total, Dan Tingkat Bilateral Asimetri Dermatoglifik Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis)Yang Hidup Di Beberapa Tempat Di Bali

I Gede Soma, - (2001) Variasi Pola Dermatoglifik, Jumlah Rigi Total, Dan Tingkat Bilateral Asimetri Dermatoglifik Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis)Yang Hidup Di Beberapa Tempat Di Bali. Masters thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KK TKD 15-01 Som v e.pdf

Download (58MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Monyet ekor panjang (Macaca jascicularis) di Bali hidup dalam kelompok-kelompok di beberapa tempat seperti di Sangeh, Ubud, Alas Kedaton, Pulaki, dan Uluwatu. Antar kelompok yang satu dengan yang lain saling terisolasi oleh jarak geografis dan perkempungan penduduk disekeliling habitatnya. Selama ini Macaca jascicularis yang ada di Bali hanya dijadikan obyek wisata dan pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat desa adat setempat. Cara perlakuan yang kurang tepat oleh wisatawan dan manajemen pengelola, tingkat kepadatan populasi, dan daya dukung lingkungan yang kurang memadai sangat potensial menjadi sumber cekaman (stressor) pada Macaca fascicularis tersebut. Macaca jascicularis merupakan salah satu hewan model dalam penelitian biomedis Disamping sebagai obyek wisata Macaca fascicularis yang ada di Bali sangat potensial dikembangkan sebagai sumber hewan model dalam penelitian biomedis. . Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor Macaca jascicularis. Kebutuhan Macaca jascicularis terns meningkat. Untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan fungsi serta pelestarian Macaca fascicularis yang ada di Bali, sangat diperlukan informasi ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian tentang satwa ini. Penelitian tentang Macaca fascicularis belum banyak dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: KKA KK TKD 15-01 Som v
Uncontrolled Keywords: Macaca faScicularis, dermatogliphic pattern, total ridge count, and bilateral asymmetry
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Magister Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
I Gede Soma, -099813014/M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIGB Amitaba, --
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:37
Last Modified: 08 Mar 2023 05:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120374
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item