Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Melakukan Dokumentasi Pengkajian Keperawatan Di Ruang General Rumah Sakit Premier Surabaya

Ernawati, - (2014) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Melakukan Dokumentasi Pengkajian Keperawatan Di Ruang General Rumah Sakit Premier Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
ERNAWATI 1.pdf

Download (23MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Introduksi. Semakin lengkap dokumentasi pengkajian keperawatan yang dilakukan menunjukkan kinerja seorang perawat semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja perawat dalam melakukan dokumentasi pengkajian keperawatan di ruang General Rumah Sakit Premier Surabaya. Metode. Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi adalah seluruh perawat ruang General Rumah Sakit Premier Surabaya sebanyak 35 orang. Besar sampel ditentukan berdasarkan kriteria inklusi adalah 30 responden. V ariabel independen penelitian adalah karakteristik perawat (pengetahuan, sikap, motivasi, ketrampilan), karakteristik organisasi (sistem imbalan, pelatihan, kepemimpinan), dan karakteristik pekerjaan (umpan balik, desain pekerjaan). Variabel dependen penelitian adalah kinerja perawat dalam melakukan dokumentasi pengkajian keperawatan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi langsung ke responden penelitian. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dengan derajat signifikansi p < 0.05. Hasil. Penelitian menyatakan bahwa kinerja perawat dalam melakukan dokumentasi pengkajian keperawatan dipengaruhi oleh karakteristik perawat (pengetahuan nilai p = 0,005, sikap nilai p = 0,015, keterampilan nilai p = 0,029) dan karakteristik organisasi (sistem imbalan nilai p = 0,027). Faktor dominan yang mempengaruhi kinerja perawat dalam melakukan dokumentasi pengkajian keperawatan adalah pengetahuan. Diskusi dan kesimpulan. Terdapat pengaruh yang signiftkan antara karakteristik perawat (pengetahuan, sikap, dan ketrampilan), karakteristik organisasi (sistem imbalan) terhadap kinerja perawat dalam melakukan dokumentasi pengkajian keperawatan di ruang general Rumah Sakit Premier Surabaya. Penelitian selanjutnya supaya meneliti karakteristik organisasi (struktur organisasi, visi dan misi organisasi, seleksi), karakteristik perawat (kemampuan, norma dan nilai), karakteristik pekerjaan (objective performance, jadwal kerja, correction) setelah muncul pengaruh pengetahuan, sikap, ketrampilan, dan sistem imbalan terhadap kinerja perawat dalam melakukan dokumentasi pengkajian keperawatan berdasarkan teori Kopelman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Documentation of nursing assessment, nursing performance based on the theory Kopelman
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Ernawati, -NIM131211123045
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorRizki Fitryasari PK, -NIDN0011028002
ContributorLaily Hidayati, -NIDN0005048309
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:20
Last Modified: 10 Mar 2023 02:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120419
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item