Operasi Tehnikdegloving : Baru Pada Pembedahan Tumor Tumor. Rongga Hidung, Sinus Paranpsal, Nasofaring Dan Dasar Tengkorak Bag.Ant

Widodo Ario Kentjono, - (2023) Operasi Tehnikdegloving : Baru Pada Pembedahan Tumor Tumor. Rongga Hidung, Sinus Paranpsal, Nasofaring Dan Dasar Tengkorak Bag.Ant. Laporan Penelitian. FAKULTAS KEDOKTERAN. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext)
616.992 21 Ken o.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tehnik operasi Degloing ini sangat baik terutama untuk kasus kasus tumor jinak pada rongga hidung dan sinus pa ranasal, fraktur maksila 'tterutama dua pertga bagian ba wah) seperti pada kasus 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan 8. Untuk tumor tumor ganas yang, sudah lanjut pada sinus mak silaris, terutama bila mengenai supra struktur maka ope - rasi dengan tehnik ini masih perlu dilakukan. penelitian lebih lanjut (~rU.pada kasus 1) meskipum Manigia(3) dan Price(6) t.elah melakukannya dengan hasil yang cukup baik. Tehnlk Degloving;ini agaknya bisa dilakukan pada tumor ganas pada rongga hidung: dam sinus maksilaris yang masih agak dini, terutama bila tumor terletak infra struk tur. Dari kasus yang dilaporkam meskipun tehnik rele tif lebih sulit tetapi tampaknya lama c.)Ierasi dan jemlah perdarahan arlE terjadi cidak jauh. berbeda dengan tennik insisi pada operasi rintomi lateral. Tehnik DeglovinE ini memberi harapan baru pada penatalak-sanaan tumor tumor rongga hidung, sinus paranasal, •aso - faring dan dasar tengkor•:k bag,i.an anterior, terutama yang meffierilitkan pertimbangan khusus.dalam segi kosmetik tanpa mengesampingkan keamanan (safety) dan radikalitas oDerasi. Agaknya pada masa masa mendatang kita akan. disibukkan deng an.operasi tehnik Degloving ini.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: 616.992.21 Ken o
Uncontrolled Keywords: Tumor,Nasofaring, Tengkorak
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
Widodo Ario Kentjono, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:33
Last Modified: 15 Mar 2023 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120481
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item