Putri Rahma Zuriza, -
(2012)
Upaya Perubahan Perilaku Dalam Pemberian Makanan Pendamping Asi (Mpasi) Dini Melalui Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Focus Group Discussion (FGD).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Problem yang sulit pada masyarak~t kita adalah pemberian makanan pen damping ASI dini dan hasil wawancara dengan 10 orang ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan menunjukkan 8 orang {80%) telah memberikan makanan pendamping asi_ rata-rata pada bayi usia _1-2 bulan di desa bandunagn. informasi yang tidak adekuat dan pengetahuan ibu yang kurang menyebabkan persepsi yang salah sehingga ibu memberikan makanan pendamping ASI dini. Tujuan dari penelitian ini adalah menjel~lcan pengaruh focu$ group d_iscl!S#on terbl!dap perubahan perilaku ibu dalam pemberian makanan pendamping ASI dini. Metode peneiitian menggunakan quasy experimental. Sampel betjumlah 22 responden. Data dianalisa dengan menggunakan wilcoxon si~d rank test dan mann whitney test dengan tingkat signiflkan p:S0,05. Hasil penelitian menggunakan uji wilcoxon signed rank test didapatkan nilai signiflkansi pengetahuan ibu pada kelompok perlakuan p3),005 dan kelompok kontrol p-=0,595, sikap ibu pada kelompok perlakuan p=0,005 dan kelompok kontrol p=O, 120 sedangkan nilai signiflkansi tindakan ibu pada kelompok perlakuan p=0,004 dan kelompok kontrol p=l,OOO. Hasil dari uji mann whitney test didapatkan p=O,OOO pada pengetahuan, p=0,027 pada sikap dan p=O,OO 1 pada tindakan. Kesimpulan penelitian bahwa ada pengaruh signiftk:an pendidikan kesehatan dengan metode focus group discussion terhadap perubahan perilaku ibu dalam pemberian makanan peodamping ASI dini. Penelitian ini sebaiknya melibatkan Puskesmas dan Pemerintah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Actions (login required)
|
View Item |