Silanisasi Monoivier Sebagai Upaya Peningkatan Kekuatan Polimer Resin Akrilat : Studi dengan pendekatan dari segi mekanis,kimiawi dan biokompatibilitas

Haryo Mustiko Dipoyono, - (1991) Silanisasi Monoivier Sebagai Upaya Peningkatan Kekuatan Polimer Resin Akrilat : Studi dengan pendekatan dari segi mekanis,kimiawi dan biokompatibilitas. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (FULLTEXT)
DIS K 78 02 DIP S20230228_10101311.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini uraian dari penelitian tentang penambahan larutan silan (silanisasi) pada monomer methylmetacrylate sebagai peningkatan kekuatan polimer resin akrilat . Penambahan larutan silan bertujuan sebagai bahan crosslink sehingga selama proses polimerisasi akan terbentuk polimer yang bercabang secara crosslink (polimer 3 dimensi ).Hal ini akan memungkinkan kenaikan berat molekul rata rata dan menurunkan kadar monomer sisa . Hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa variabilitas kekuatan didalam hal ini peningkatan kekuatan transversa diikuti kenaikan berat molekul dan• penurunan monomer sisa Cairan larutan silan pada uji carbon clearance tidak meningkatkan fungsi sel fagosit dan juga tidak menyebabkan terjadinya proliferasi limfosit hewan percobaan , pada biakan campur limfosit. Bahan monomer heat cured sebagai bahan utama basis gigi tiruan mempunyai indeks mitosis < 1 berarti bersifat biokompatibel,sedangkan monomer cold cured variasinya pada biakan campur limfosit (MLC) menyebabkan indeks mitosis > 1 . Hal ini berarti terjadi proliferasi limfosit. Sehingga bahan monomer cold cured bersifat tidak biokompatibel daripada bahan monomer heat cured dan bahan silan sebagai bahan crosslink.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK DISK K 78-02 Dip s
Uncontrolled Keywords: Silanisasi Monoivier, Kekuatan Polimer Resin Akrilat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Haryo Mustiko Dipoyono, -NIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorHartono, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:39
Last Modified: 14 Mar 2023 01:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120523
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item