Pengobatan Gejala Hipertiroid Dengan Akupunktur Dan Herbal Valerian(Valerlana Officinalis L.)

Rachma Puspitasari, - (2011) Pengobatan Gejala Hipertiroid Dengan Akupunktur Dan Herbal Valerian(Valerlana Officinalis L.). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
KKA KK FK PT 10 12 PUS P SEC.pdf

Download (27MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hipertiroid adalah pengeluaran total harian hormon tiroid yang berlebihan dan meningkatnya tingkat plasma tiroid. Hipertiroid bisa disebabkan pelepasan hormon tiroid yang berlebihan atau melakukan terapi dosis tinggi radioiodine. Kasus hipertiroid ini dialami oleh pasien yang mengeluhkan terjadinya pembesaran kelenjar gondok dengan gejala insomnia, palpitasi, tremor, dahak yang tidak dapat keluar dengan diferensiasi sindrom asthenia Yin jantung dan hati. Hipertiroid tersebut dapat ditangani dengan kombinasi terapi akupunktur dan terapi herbal dengan prinsip terapi meningkatkan Yin dan mengeliminasi lembab. Terapi akupuntur dilakukan dalam 3 seri terapi masing-masing serti dilakukan 4 kali terapi. Titik yang digunakan Fenglong (ST 40), Hegu (LI 4), Neiguan (PC 6), Shenmen (HT 7), Naohui (TE 13), Sanyinjiao (SP 6), Fuliu (KI 7). Terapi herbal yang diberikan kepada pasien adalah ekstrak akar valerian dalam kemasan kapsul dengan dosis 550 mg. Diminum 1 kali sehari, 30 menit sebelum tidur selama 7 hari. Hasil studi kasus membuktikan terdapat perubahan dari gejala yang dialami pasien, pasien sudah tidak mengalami insomnia akan tetapi gejala lain yang menyertai tidak ada perubahan seperti tremor dan palpitasi. Perawatan yang tepat, teratur, disiplin, dan konsisten, serta waktu penanganan lebih lama dapat mempengaruhi hasil penanganan menjadi lebih optimal. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa tenik akupunktur dengan titik Fenglong (ST 40), Hegu (LI 4), Neiguan (PC 6), Shenmen (HT 7), Naohui (TE 13), Sanyinjiao (SP 6), Fuliu (KI 7) serta pemberian ekstrak akar valerian dapat mengurangi gejala insomnia pada penderita hipertiroid.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FK PT 10 12 PUS P
Uncontrolled Keywords: Hipertiroid, Akupunktur, Valerian(Valerlana Officinalis L.)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Pengobatan Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Rachma Puspitasari, -NIM 010810320 A
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorPaulus Liben, -NIP. 130531788
ContributorWiwied Ekasari, -NIP. 196901221994032001
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:50
Last Modified: 14 Mar 2023 01:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120524
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item