Pola Imunopatologik Kelenjar Getah Bening Regional Sebagai Prognostikator Kanker Payudara Suatu Pendekatan Morfofungsional Dengan Metoda Observasional & Eksperikental

Suhartono Taat Putra, - (1990) Pola Imunopatologik Kelenjar Getah Bening Regional Sebagai Prognostikator Kanker Payudara Suatu Pendekatan Morfofungsional Dengan Metoda Observasional & Eksperikental. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf

Download (934kB)
[img] Text (FULLTEXT)
DIS K 77 02 PUT P20230228_10024354_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker payudara masih merupakan penyakit yang belum dapat diatasi secara tuntas. Metastasis masih merupakan problema pengobatan. Usaha menghancurkan anak sebar banyak dipikirkan orang. Perkembangan patobiologi & imunopatologi memberi harapan untuk mengatasi masalah metastasis. Tubuh mempunyai kemampuan imunologik, yang disebut Immune sunieilla.nce, yang dapat menghambat perkembangan sel kanker. KGB yang sangat berperan pada respon imum, seharusnya perubahan arsitekturnya dapat mencermfnkan immune surveillance tubuh. Dengan menggunakan pendekatan morfofungsional perubahan imunopatologik di KGB dapat merupakan indikator prognosis penderita kanker. Ada tiga pola imunopatologik KGB yang merupakan prognostikator yang mencerminkan immune surveillance penderita kanker, yaitu: Lymphocyte predominance (LP); 2. Germinal centre predominance (GP) 3. Lymphocyte depletion (LD) Penelitian yang diawali dengan menggunakan metoda observasional (crassectianalltransversal analytical), yang kemudian dilanjutkan dengan metoda eksperimental ( quasi e x perimental) ini dimaksudkan untuk menyempurnakan yang digunakan di KGB untuk mengungkap imunopatologik KGB penderita kanker payudara yang dapat digunakan se bagai prognostic kator yang handal, yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan prognosis penderita .

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KKDIS K 77-20 Put p
Uncontrolled Keywords: Imunopatologik Kelenjar Getah Bening, Morfofungsional, Prognostikator Kanker Payudara
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Suhartono Taat Putra, -NIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorRachmat Santoso, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:02
Last Modified: 14 Mar 2023 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120526
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item