PERBANDINGAN PERUBAHAN aPTT dan PTT PADA RESUSITASI CAIRAN DENGAN NaC1 0.9 % DAN RINGER LAKTAT SEBAGAI PENGGANTI PERDARAHAN > 20% EBV

Marlon Richart Abuno, - (2016) PERBANDINGAN PERUBAHAN aPTT dan PTT PADA RESUSITASI CAIRAN DENGAN NaC1 0.9 % DAN RINGER LAKTAT SEBAGAI PENGGANTI PERDARAHAN > 20% EBV. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (TEXT)
KKA KK PPDS AR 08-16 Abu p_compressed.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Lata .. belakang: Perdarahan selarna operasi meningkatkan angka morbiditas dan morlalitas 30 - 40%. American College Surgeon merekomendasikan kristaloid sebagai pilihan cairan resusitasi pada perdarahan 7S0-ISOOcc atau IS-30%. Adanya kontroversi tentang pemilihan cairan yang ideal dalam terapi syok perdarahan dan pengarulmya terhadap koagulopati mendorong peneliti untuk mengananalisa perubahan aPTI dan PPT Pada Resusitasi Cairan dengan NaCl 0,9 % dan Ringer Laktat sebagai Pengganti Perdarahan> 20% EBV Metode: Penelitian ini dilakukan pada pasien PS ASA I, 2 yang menjalani operasi elektif dengan EBL > 20 % yang mendapatkan cairan pengganti perdarahan NaCI 0,9% atau Ringer Lah.1at. Dilah:ukan pengarnbilan sampel darah PPT dan aPTI pre operasi, post resusitasi EBL 20%, post operasi. Hasil: Terdapat pemanjangan PPT pre operasi dan post resusitasi EBL 20% pada kelompok NaCI maupun Ringer lak1at dengan nilai p =0,00 dan pemanjangan PPT pre operasi dan post operasi pada kelompok NaCI nilai p= 0,03 dan kelompok Ringer Laktat p = 0,04. Tidak ada perbedaan bennakna perubahan aPTI pre op, post resusitasi EBL 20% dall post operasi. Dari total sampel 40 yang mengalami pemanjangan PPT > I ,S kali kontrol (2 ,S%) dan 2 pasien (S%) yang mengalami pemanjangan aPTI > I,S kali kontrol Kesimpulan: Secara statistik terdapat pemanjang PPT secara bermakna pad a post resusitasi EBL 20% pada kedua kelompok sedangkan perubahan aPTT tidak menunjukkan hasil yang bermakna namu demikian tidak didapati pemanjangan PPT dan aPTI secara klinis ( > I,S kali kontrol) setelah hemodilusi pada perdarallan dengan EBL > 20% pada kedua kelompok"

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS AR 08-16 Abu p
Uncontrolled Keywords: koagulopati, hemodilusi, PPT, aPTI
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Creators:
CreatorsNIM
Marlon Richart Abuno, --
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:22
Last Modified: 14 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120534
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item