PERBANDINGAN PERUBAHAN KLORIDA, BIKARBONAT DAN PH DARAH PADA RESUSITASI CAIRAN NORMAL SALINE TERHADAP RINGER LAKTAT UNTUK PENGGANTI PERDARAHAN LEBIH DARI 20 % EBV

Endri Wijanarko, - (2015) PERBANDINGAN PERUBAHAN KLORIDA, BIKARBONAT DAN PH DARAH PADA RESUSITASI CAIRAN NORMAL SALINE TERHADAP RINGER LAKTAT UNTUK PENGGANTI PERDARAHAN LEBIH DARI 20 % EBV. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Full Text)
KKA KK PPDS AR 09-16 Wij p_compressed.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Latar helakang: Perdarahan merupakan salah satu komplikasi pembedahan yang dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitas pasca operasi. Penurunan angka morbiditas dan mortalitas dalam penanganan syok hipovolemi akibat perdarahan tergantung pada ketepatan waktu resusitasi cairan, dan ketepatan jumlah serta pemilihan cairan. Kristaloid yang sering digunakan di kamar operasi GBPT RSUD Dr. Soetomo ada dua macam yaitu Ringer Iaktat dan normal saline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan perubahan Klorida, Bikarbonat dan pH darah pada resusitasi cairan Normal Saline terhadap Ringer Laktat untuk pengganti perdarahan lebih dari 20% EBV. Metode: Penelitian ini melibatkan 40 orang sampel berusia 18-40 tahun yang menjalani operasi elektif di kamar operasi GBPT RSU Dr Soetomo dengan estimasi perdarahan 20 % Estimated Blood Volume (EBV). Dilakukan pengambilan sampel darah sesaat setelah pasien diinduksi, setelah mendapat resusitasi cairan Normal Saline atau Ringer Laktat sebanyak 3 x estimasi perdarahan dan setelah operasi selesai (3 jam post resusitasi). Hasil: Terdapat perbedaan signifikan perubahan Klorida setelah diberikan cairan Normal Saline dibandingkan dengan yang diberikan Ringer Laktat (p 0,001), dengan rerata klorida post resusitasi melebihi kadar norrnal darah (> 109 mmo1/1). Sedangkan pada bikarbonat tidak ada perbedaan signifikan perubahannya post resusitasi pada kelompok Normal Saline dan Ringer Laktat (p= 0,623). Penurunan pH pada kedua kelompok juga tidak ada perbedaan yang signifikan setelah dilakukan resusitasi cairan (p=0,950). Kesimpulan: Pada penggantian perdarahan 20 % - 30 % EBV dengan cairan Normal Saline dan Ringer Laktat sebanyak 3x volume perdarahan , terdapat perbedaan signifikan perubahan kadar Klorida di dalam darah antara kelompok pasien yang mendapatkan resusitasi Normal Saline dengan Ringer Laktat, tetapi secara klinis tidak ada perbedaan. Sedangkan perubahan kadar bikarbonat dan pH darah tidak signifikan secara klinis dan laboratoris."

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS AR 09-16 Wij p
Uncontrolled Keywords: Normal Saline, Ringer Laktat, Klorida, Bikarbonat, pH darah.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Endri Wijanarko, --
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:35
Last Modified: 14 Mar 2023 03:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120535
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item