Komparasi Antara Pembersihan Dan Tanpa Pembersihan Mekanik. Kolon Pra Operasi Pada Penyembuhan Anastomosis Paska Reseksi Kolon (Studi Eksperimental Pada Kelinci)

Dr. Sonny Gunawan (2008) Komparasi Antara Pembersihan Dan Tanpa Pembersihan Mekanik. Kolon Pra Operasi Pada Penyembuhan Anastomosis Paska Reseksi Kolon (Studi Eksperimental Pada Kelinci). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
PPDS IB 1310 GUN.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Latar belakang : Operasi kolon semakin meningkat setiap tahunnya. Jemal pada tahun 2006, melaporkan 148.610 kasus karsinoma kolon bare di AS. Sejak tahun 1950 persiapan operasi kolon rektum yaitu pembersihan mekanik kolon dan pemberian antibiotik, telah menjadi standar pra operasi elektif kolon. Persiapan bertujuan untuk mengurangi populasi koloni bakteri dan memberikan paparan operasi yang bersih. Akan tetapi insiden komplikasi paska operasi berupa infeksi luka operasi, intraabdominal abses, dan leakage anastomosis masih cukup tinggi, sehingga rasa tidak nyaman, peningkatan masa rawat inap, gangguan elektrolit, tidak sepadan dengan penurunan insiden komplikasi paska operasi kolon. Tujuan : Membuktikan tidak ada perbedaan antara pembersihan dan tanpa pembersihan mekanik kolon terhadap penyembuhan anastomosis paska reseksi kolon pada kelinci coba Bahan dan metodologi : Penelitian ini adalah studi eksperimental. Grup pertama dilakukan pembersihan mekanik kolon pra operasi sedangkan pada grup kedua tidak dilakukan pembersihan mekanik pra operasi. Semua kelinci dilakukan reseksi kolon dan anastomosis pada operasi pertama. Operasi kedua dilakukan lima hari paska operasi pertama. Operasi kedua berupa reseksi kolon sepanjang 10 cm (5 cm proksimal dan 5 cm distal anastomosis). Bursting pressure jumlah sel epitel, pembuluh darah, sel fibroblast diukur dan dibandingkan. Leakage anastomosis dievaluasi dan dibandingkan. Hasil dan diskusi : Uji non parametrik Mann-Whitney didapatkan sel epitel (p = 0,819), pembuluh darah (p = 0,819), sel fibroblast (p = 1), leakage anastomosis (p = 0,317). Uji t didapatkan bursting pressure (p = 0,427). Kesimpulan : Analisis univariate menghasilkan tidak ada perbedaan signifikan jumlah sel epitel, pembuluh darah, sel fibroblast, leakage anastomosis, dan bursting pressure antara grup I dan grup II paska reseksi dan anastomosis kolon pada kelinci coba.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS IB 13/10 Gun k
Uncontrolled Keywords: Anastomosis, pembersihan mekanik kolon
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD92-97.8 Emergency surgery. Wounds and injuries
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
Dr. Sonny GunawanNIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHarun AL RasjidNIDN-
Thesis advisorTroef SoemarnoNIDN-
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 14 Mar 2023 13:49
Last Modified: 14 Mar 2023 13:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120566
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item