Penanganan hipotensi sindrom defisiensi qi dan xue-darah dengan terapi akupunktur pada titik zusanli (ST 36) sanyinjiao SP6,qihao (R6) ,xuehai SP 10 serta kombinasi herbal akar ginseng (panax ginseng) dan biji kopi (coffea Robusta)

Hafidhotul Ilmiyah, - (2015) Penanganan hipotensi sindrom defisiensi qi dan xue-darah dengan terapi akupunktur pada titik zusanli (ST 36) sanyinjiao SP6,qihao (R6) ,xuehai SP 10 serta kombinasi herbal akar ginseng (panax ginseng) dan biji kopi (coffea Robusta). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KKA KK FV PT 31 15 Ilm p.pdf

Download (15MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tekanan darah rendah (hipotensi) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah dari 90/60 mmHg atau tekanan darah cukup rendah sehingga menyebabkan gejala-gejala seperti pusing dan pingsan. Tekanan darah rendah atau hipotensi disebabkan kurangnya pemompaan darah dari jantung. Seseorang yang memiliki kelainan penyakit jantung yang mengakibatkan irama jantung abnormal, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, penyakit katup jantung maka berdampak pada berkurangnya pemompaan darah (curah jantung) ke seluruh organ tubuh. Menurut pendapat TCM (Traditional Chinese Medicine), Hipotensi adalah tekanan darah rendah yang didapatkan tensi ,- 90/60 mmHg biasanya disertai gejala pusing, lelah, lesu, lunglai, nafsu makan menurun. Hal ini merupakan gejala sindrom defisiensi Qi dan darah yang dapat terjadi karena kelemahan Qi dalam melakukan daya dorongan dan mempertahankan daya tahan tubuh sehingga darah tidak dapat mengalir dalam pembuluh darah ke seluruh tubuh. Hipotensi dapat ditangani dengan kombinasi terapi akupunktur dan terapi herbal dengan prinsip terapi meningkatkan Qi dan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Akupunktur pada titik utama Sanyinjiao (SP 6), Xuehai (SP 10), Zusanli (ST 36), dan Qihai (RN 6).Terapi akupunktur dilakukan selama 12 kali terapi. Kombinasi Terapi herbal menggunakan akar gingseng dan serbuk biji kopi dengan dosis 5 gram dikemas dalam tea bag. Diminum I kali sehari setelah sarapan pagi selama 24 hari.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV PT 31-15 Ilm p
Uncontrolled Keywords: tekanan darah, Qi, darah, dan akupunktur serta herbal
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Creators:
CreatorsNIM
Hafidhotul Ilmiyah, -NIM011210413012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryani Dyah Astuti, -'196908041994122001
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:20
Last Modified: 17 Mar 2023 03:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120638
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item