Frekuensi Relatif Tumor Rongga Mulut Dan Sekitarnya Pada Usia Anak, Anak Dan Pubertas Di Laboratoriu Patologi Anatomi Rumah Sakit Dr.Soetomo Surabaya Tahun 1987 - 1989

Diana Nurwati, - and Theresia Indah Budhy S, - Frekuensi Relatif Tumor Rongga Mulut Dan Sekitarnya Pada Usia Anak, Anak Dan Pubertas Di Laboratoriu Patologi Anatomi Rumah Sakit Dr.Soetomo Surabaya Tahun 1987 - 1989. Laporan Penelitian. FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI. (Unpublished)

[img] Text (Full Text)
616.992 31 Nur f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kepala dan leher mempunyai tempat tersendiri di dolam bedah termnsuk d1 dalamnya adalah rongga mulut.Tumer di daorah kepala dan leher pada onak mempunyai frekuensl tertinggl dibendinakan bagian tubun yang lainnya (1). Oleh karena itu penting oekali mengetahui kelainan-kelaian yang timbul di dalam rongga mulut dan sekitarnya secara dini. Kasus tumor yaug terjadl pada usia enak anak jarang di laporkan hal inl disebabkan karena tersebarnya data terse¬but, biasanya penderita anak baftuk langsung datang pada spesialisnya, misalkan pada ahli badah, spesialis anak—anak, ahli mata dan sebagainya, sedangkan pada penderita pubertas (dewasa muda) jarang dilaporkan adaaya kasus tumor karana bisanya masyarakat baru manyadari adonya suatu tu¬mor aetelsh tumor teroebut berlanjut sehingga penderita datang pada usia yang lebih lanjut. hal ini disebabkan ku- rangnya pengetahuan masyarakat terhadap tumor maupun kanker. Di Indonesia kanker masih menduduki urutan ke 11 (sebelas) penyabab kematian dan tempat tertinggl masih dIduduki oleh penyakit menular, tetapi di negara maju kanker menduduki tempat nomer dua setelah penyakit kardiovaskuler (9).

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKU KK 616.992 Nur f
Uncontrolled Keywords: Tumor, Rongga Mulut, Anak-Anak
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Diana Nurwati, --
Theresia Indah Budhy S, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:14
Last Modified: 17 Mar 2023 02:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120639
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item