PERAN GIGI DALAM PENENTUAN JENIS KELAMIN MENGGUNAKAN AMELOGENIN DENGAN METODE POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR) DAN PENENTUAN USIA DENGAN METODE RATIO OF SCLEROSIS TO TUBULUS ( RST)

PRATIWI SOESILAWATI, - (2004) PERAN GIGI DALAM PENENTUAN JENIS KELAMIN MENGGUNAKAN AMELOGENIN DENGAN METODE POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR) DAN PENENTUAN USIA DENGAN METODE RATIO OF SCLEROSIS TO TUBULUS ( RST). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (fulltext)
KK TKG 06-05 Soe _.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gigi adalah obyek utama dalam bidang Kedokteran Gigi. Gigi bukan saja memiliki arti penting pada saat individu tersebut masih hidup, seperti fungsi kunyah, bicara, dan estetik tetapi juga pada saat sudah mati. Di negara-negara berkembang, saat ini gigi dapat membantu bidang Kedokteran Forensik untuk mengidentifikasi korban kecelakaan atau pembunuhan. Pemeriksaan gigi telah menjadi titik penentu untuk identifikasi korban bila identifikasi positif tidak dapat dilakukan karena kerusakan jaringan tubuh yang parah.Pemeriksaan gigi dalam odontologi forensik berdasar pada kemampuan gigi yang tidak mengalami perubahan post mortem, dan tidak terpengaruh oleh faktor exogen, misalnya trauma atau kebakaran.Telah dilakukan penelitian observasional laboratoris mengenai peran gigi dalam penetuan jenis kelamin menggunakan amelogenin dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dan penentuan usia dengan metode Ratio of Sclerosis to Tubulus (RST). Diharapkan dari penelitian ini dapat diketahui peran · amelogenin dalam mendeteksi jenis kelamin seseorang untuk kebutuhan bidang Odontologi Forensik dan diketahui keakuratan metode Ratio of Sclerosis to Tubulus dalam penentuan usia melalui pemeriksaan gigi di bagian mahkota.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK tka 06/05 Soe p
Uncontrolled Keywords: pcr, gigi RST
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
PRATIWI SOESILAWATI, -NIM 090114265
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:52
Last Modified: 17 Mar 2023 07:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item