Penanganan Itnitus Dengan Terapi Akupuntur Menggunakan Titik Taichong (Lr3), Neiguan (Pc6), Tinggong (Si19) Dan Ermen (Sj21) Serta Pemberian Herbal Ginkgo Biloba (Ginkgo Biloba L.)

Nafilah Rodliyah, - (2015) Penanganan Itnitus Dengan Terapi Akupuntur Menggunakan Titik Taichong (Lr3), Neiguan (Pc6), Tinggong (Si19) Dan Ermen (Sj21) Serta Pemberian Herbal Ginkgo Biloba (Ginkgo Biloba L.). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KK FV PT 14 15 Rud p.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tinitus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh paparan bising yang dapat berdampak terhadap kualitas hidup secara signifikan. Penderita tinitus yang terganggu kualitas hidupnya dapat mengalami penurunan produktivitas dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu faktor penyebab munculnya tinitus adalah paparan suara keras secara langsung, seperti pemakaian earphone yang terlalu sering yang dalam jangka waktu lama dapat merusak rambut-rambut saraf pendengaran. Berdasarkan anamnesa yang dilakukan pada kasus tinitus ini, diagnosa pasien termasuk dalam sindrom hiperaktivitas Yang hati. Gangguan kualitas hidup akibat tinitus dapat ditangani menggunakan terapi secara tradisional yaitu dengan terapi akupuntur dan terapi herbal. Terapi akupuntur dilakukan pada titik-titik utama untuk tinitus yaitu Taichong (LR3), Neiguan (PC6), Tinggong (SI19), dan Ermen (SJ2 1). Untuk terapi herbal, yang digunakan adalah ekstrak herbal daun ginkgo biloba (Ginkgo biloba L.). Dalam menangani kasus tinitus ini, terapi akupuntur dilakukan selama 12 kali dalam 4 tahap terapi. Terapi akupuntur dan herbal yang telah dilakukan selama 34 hari diperoleh hasil terapi yang baik. Terapi ini dapat menangani keluhan tinitus beserta keluhan yang menyertainya. Akan tetapi, dengan terapi yang dilakukan dalam waktu yang cukup singkat, tidak menutup kemungkinan keluhan bisa terjadi lagi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV PT 14 15 Rud p
Uncontrolled Keywords: tinitus, akupuntur, herbal, ginkgo biloba.
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Nafilah Rodliyah, -NIM011210413017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSuhariningsih, --
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Mar 2023 14:16
Last Modified: 21 Mar 2023 14:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item