Manfaat Vitamin E Dalam Melindungi Hati Terhadap Efek Parasetamol Dosis Toksik Dengan Pemeriksaan Kadar SGOT Dan SGPT Pada Mencit (Mus Musculus)

Supratama, - (1998) Manfaat Vitamin E Dalam Melindungi Hati Terhadap Efek Parasetamol Dosis Toksik Dengan Pemeriksaan Kadar SGOT Dan SGPT Pada Mencit (Mus Musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
SUPRATAMA.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah vitamin E dapat menurunkan kadar SGOT dan SGPT mencit yang diberi parasetamol dosis toksik, serta untuk menge¬tahui dosis efektif vitamin E yang bisa diberikan sebagai substansi penyerta untuk melindungi hati dari pemberian parasetamol dosis toksik. Parameter yang diperiksa adalah SGOT (Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamat Piruvat Transaminase) darah mencit. Sebanyak 24 ekor mencit jantan umur tiga bulan dengan berat badan rata-rata 22 gram dibagi dalam empat kelompok perlakuan, yang masing-masing kelompok perlakuan terdiri dari enam ulangan. Perlakuan meliputi pemberian vitamin E yang dikombinasi parasetamol dosis toksik. Pemberian dosis vitamin E adalah sebagai berikut : 0 mg/kg bb/hari (P0), 200 mg/kg bb/har4(P1), 300 mg/kg bb /hari (P2), dan 400 mg/kg bb/hari (P4). Pemberian vitamin E dilakukan selama enam hari berturut-turut setelah masa adaptasi yaitu pada hari ke 8-13,sedang pada hari ke 11 - 13semua mencit diberi parasetamol dosis toksik sebesar 455 mg/kg bb/ekor/hari. Perlakuan diberikan secara per oral. Pengambilan darah dilakukan pada hari ke 14 mela¬lui jantung (intracardial) dan langsung diperiksa kadar SGOT dan SGPT dengan metode IFCC (International Federation Clinical Chemistry). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), data yang didapat dianalisa dengan uji F dan apabila terdapat perbedaan dilanjutkan dengan uji BNT 5 % Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian vitamin E yang dikombinasikan parasetamol dosis toksik berpengaruh sangat. nyata (p<0,01) terhadap kadar SGOT dan SGPT darah mencit. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat korelasi negatif antara pemberian dosis vitamin E dengan kadar SGOT dan SGPT pada darah mencit. Kadar terendah SGOT dan SGPT terdapat pada pemberian vitamin E sebesar 400 mg/kg bb/hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Vitamin E, SGOT, SGPT, Mus Musculus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF925 Veterinary physical medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Supratama, -069211630
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorIndriani Karjanto, --
ContributorK. Meles M.S, --
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 23 Mar 2023 13:08
Last Modified: 23 Mar 2023 13:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120739
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item