Korelasi Ekspresi Cyclin Dl Dengan Stadium Klinis Dan Derajat Diferensiasi Histopatologi Pada Adenokarsinoma Kolorektal : Suatu studi penelitian di RSU Dr Soetomo Surabaya

Edwin Danardono, - (2008) Korelasi Ekspresi Cyclin Dl Dengan Stadium Klinis Dan Derajat Diferensiasi Histopatologi Pada Adenokarsinoma Kolorektal : Suatu studi penelitian di RSU Dr Soetomo Surabaya. Masters thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
PPDS.IB.44-10 Dan k_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Stadium klinis dan derajat diferensiasi histopatologis adalah salah satu faktor prognostic pada adenokarsinoma kolorektal. Pada adenokarsinoma kolorektal terjadi deregulasi eye hal tersebut menyebabkan perubahan memendeknya fase G I sehingga terjadi pereepatan pertumbuhan sel. Overekspresi eye/in D/ tidak hanya berhubungan dengan terjadinya rekure nsi tetapi juga berhubungan dengan stadium kanker, metastase regional dan menurunkan angka survival seeara keseluruhan. Tujuan: Mengetahui apakah peningkatan ekspresi eye/in DI mempunyai korelasi dengan Stadium kli nis dan derajat diferensiasi hi stopatologis adenokarsinoma koloreltal. Bahan dan Metodologi: Raneangan penelitian yang digunakan adalah observasional analit ik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah blok paratin adenokarsinoma kolorektal yang tersimpan di laboratonum Patologi Anatomi RSU Dr.Sutomo selama tahun 2006-2007. Subyek peneiitian tereatat dalam dokumen medis di rekam medis RSU Dr.Sutomo Surabaya. Tiga puluh blok parafin akan dieat dengan hematoksi lin eosin dan diperiksa imunohistokimia dengan menggunakan monoklonal antibodi eye/in DI untuk melihat derajat diferensiasi dan ekspresi eye/in DI. Stadium kJinis ditentukan dan eatatan rekam medis. Gradasi intensitas dan jumlah sel yang tereat dinyatakan seeara semikuantitati f. Hasil yang didapat dianalisis dengan uji korelasi Spearman Rank-Order Corelation Test. Hasil : Dari 30 sam pel parafin blok dan rekam medik, didapatkan data sebagai berikut: 24 orang adalah pria (80%), Usia sampel adalah antara 26 tahun sampai dengan 79 tahun, dengan ratarata 53,63 tahun. Stadium klinis terbanyak yang didapatkan dan sampel adalah [fA (26,6%), diikuti de ngan III 8 (23,23%). Skor ekspresi eye/in DI terendah pada penelitian ini adalah 3 sebanyak 5 ( t6,7 %) sampel dan skor tertinggi adalah 9 sebanyak 10 (30%) Hasil uj i korelasi Spearman menunj ukkan ekspresi eye/in DI mempunyai korelasi yang signifikan dengan derajat diferensiasi histopatologi adenokarsinoma kolorektal dengan nilai koefiseien korelasi sebesar 0.5 13 (\T0,004/p<0,0 I) Hal ini berarti bahwa semakin kuat intensitas ekspresi eye/in DI maka semakin jelek derajat diferensiasi sel Sementara untuk hubungan antara ekspresi eye/in DJ dan stadium didapatkan r ~ 0.328 (\TO,077/p>O,O I). Hal ini berartibahwa tidak ada hubungan antara stadium klin is dengan ekspresi eye/in DI Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara ekspresi eye/in D/ dan derajat diferensiasi histopatologis, tetapi tidak ada hubungan yang bermakna anta ra ekspresi eye/ill DI dan stadium klinis keganasan kolorektal. Hal ini berarti bahwa semakin kuat intensitas ekspresi eye/in DI maka semakin jelek derajat di fe rensiasi sel.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PPDS.IB. 44-10 Dan k
Uncontrolled Keywords: cyclin DI, adenokarsinoma kolorektal, stadium klinis. derajat diferensiasi histopatologi
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
Edwin Danardono, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorP.Soetamto Wibowo, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 24 Mar 2023 06:46
Last Modified: 24 Mar 2023 06:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120797
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item