Penilaian Kualitas Citra Radiografi Dan Dosis Radiasi Penggunaan Carbon Fiber Sebagai Pengganti GRID Aluminium Untuk Pemeriksaan Foto Kepala

Aldistaringga Kautsar N., - and Austin Ningrum Rossiana, - and Devi Aprilia Primaningtyas, - and Dwi Ratnasari, - (2013) Penilaian Kualitas Citra Radiografi Dan Dosis Radiasi Penggunaan Carbon Fiber Sebagai Pengganti GRID Aluminium Untuk Pemeriksaan Foto Kepala. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ALDISTARINGGA KAUSAR N 011003032...pdf

Download (14MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Grid adalah alat bantu pemeriksaan yang terdiri dari Jempengan garis-garis logarn yang bemomor atom tinggi yang disusun beIjajar satu sarna lain dan dipisahkan oleh bahan penyekat yang dapat ditembus sinar-x seperti aluminium dan serat karbon. Grid berfungsi untuk menyerap radiasi harnbur yang tidak searah yang berasal dari objek dan meneruskan radiasi primer yang keluar dari tabung sinar-x ke film. Kenyataannya, penggunaan grid aluminium menggunakan factor eksposi yang tinggi sebingga dosis radiasi yang diterima pasien juga tinggi. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengganti grid aluminium dengan grid carbon fiber yang diharapkan faktor eksposi rendah sebingga dosis radiasi yang diterima juga rendah serta kualitas citra radiografi yang dihasilkan baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional yaitu menggarnbarkan secara sistematis, aktual dan akurat terhadap suatu populasi atau daerah tertentu mengenai sifat atau faktor tertentu. Tujuannya yaitu untuk menilai kualitas citra radiografi dan dosis radiasi pada penggunaan carbon fiber sebagai pengganti grid alumunium yang dilakukan untuk pemeriksaan foto kepala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa grid aluminium dari segi kualitas citra radiografi yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan grid carbon fiber.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: grid, kualitas citra radiografi, dosis radiasi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
Aldistaringga Kautsar N., -011003032
Austin Ningrum Rossiana, -011003006
Devi Aprilia Primaningtyas, -011003009
Dwi Ratnasari, -011003046
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:02
Last Modified: 11 Apr 2023 03:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item