Hubungan Anticipated Stigma, Depresi Dengan Aktivitas Penyakit Pada Pasien Perempuan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Yekti Mumpuni, - (2015) Hubungan Anticipated Stigma, Depresi Dengan Aktivitas Penyakit Pada Pasien Perempuan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KKA KK PPDS IKJ 02 11 MUN H.pdf

Download (28MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah gangguan autoimun dengan etiologi dan patogenesis yang belum jelas, yang melibatkan faktor lingkungan, genetik dan hormonal. Gejala depresi yang muncul tidak memberikan gambaran yang jelas. Gejala depresi dapat merupakan suatu reaksi terhadap tekanan penyakit yang diderita atau akibat langsung dari aktivitas penyakit di otak:. Anticipated stigma merupakan stressor yang apabila tidak terselesaikan dengan baik akan menimbulkan gejala depresi. Depresi yang muncul dapat meningkatkan aktivitas penyakit SLE Tujuan: Melakukan analisis korelasi anta1"3 anticipated stigma, depresi dengan aktivitas penyakit pada pasien perempuan Systemic lupus erythematosus (SLE) di RSUD Dr. Soetomo Surabaya Metode: Penelitian ini adalah studi analitik observasional dengan bentuk crosssectional terhadap pasien SLE di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuesioner SLAM (Systemic Lupus Erythematosus Activity Measure) untuk menilai aktivitas penyakit SLE, Beck Depression Inventory II (BDI II) menilai derajat depresi, dan Explanatory Model Interview Catalogue stigma scale (EMIC stigma scale) menilai derajat anticipated stigma. Metode analisis statistik yang digunakan adalah statistik regresi logistik ganda. Hasil Penelitian: Didapatkan 44 subjek yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data menunjukkan Skor EMIC tertinggi 24 dengan rata rata 8. Depresi minimal 24 responden (55%), depresi ringan 7 responden (16%), depresi sedang llresponden (25%) dan depresi berat 2 responden (4%). Aktivitas penyakit derajat herat 13 responden (30%). Terdapat hubungan positif lemah antara anticipated stigma dengan depresi (p =O,OOl;r = 0,473). Terdapat hubungan positif lemah antara depresi dengan aktivitas penyakit SLE (p = 0,004; r = 0,422). Terdapat hubungan positif lemah antara anticipated stigma dan aktivitas penyakit SLE terhadap depresi (p = 0,036; r = 0,32). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang lemah antara anticipated stigma dengan depresi. Terdapat hubungan yang lemah depresi dengan aktivitas penyakit SLE. Terdapat hubungan yang lemah anticipated stigma dan aktivitas penyakit SLE terhadap depresi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS IKJ 02-11 Mun h
Uncontrolled Keywords: Anticipated Stigma, Depresi, Aktivitas Penyakit, Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Jiwa
Creators:
CreatorsNIM
Yekti Mumpuni, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNalini Muhdi, --
UNSPECIFIEDJoewono Soeroso, --
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 28 Mar 2023 00:53
Last Modified: 28 Mar 2023 00:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item