Pengaruh Estrogen Pasca Fertilisasi Terhadap Jumlah Foetus Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Yang Disuperovulasi Dengan Pmsg Dan Hcg

Dony Prasetiawan, - (1994) Pengaruh Estrogen Pasca Fertilisasi Terhadap Jumlah Foetus Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Yang Disuperovulasi Dengan Pmsg Dan Hcg. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
DONY DRASETIAWAN (FKH) 1994.pdf

Download (9MB)
Official URL: http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberi an hermon estrogen dengan berbagai dosis pasca fertilisasi, terhadap jumlah fetus pada tikus y ang disuperovul as i dengan PMSG dan HCG. Sebanyak 30 ekor tikus betina siap kawin dibagi secara acak menjadi tiga kelompok perlakuan Kelompok I sebagai kontrol diberi NaCl fisiologis secara Kelompok II diberi mg estrogen dan Kelompok diberi perlakuan, semua tikus betina disuperovulasi dengan PMSG dan HCG dengan dosis masing-masing 10 IU. Sehari setelah kopulasi kelompok II dan III diberi estrogen dan dua minggu kemudian semua tikus dibunuh dan dihitung jumlah fetusnya. Data yang diperoleh dianalisis denqan menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah fetus baik pada kelompok tikus yang memperoleh 0~6 mg estrogen ( 6, 2 • 1,55 ) maupun 1 mg estrogen ( _6,4 • 1,71 ) tidak berbeda nyata dengan jumlah fetus -kelompok kontrol. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian estrogen pasca tertilisasi tidak berpengaruh terhadap jumlah fetus pada tikus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK Pra p
Uncontrolled Keywords: Rattus Norvegicus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Dony Prasetiawan, -NIM068911518
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSoehartojo, -NIDN
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:01
Last Modified: 28 Mar 2023 01:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120991
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item