Pengaruh Pemberian Tepung Kepala Ikan Tongkol Sebagai Substitusi Konsentrat Terhadap Pertambahan Berat Badan dan Konversi Pakan Ayam Buras Jantan

Titin Isayati, - (1997) Pengaruh Pemberian Tepung Kepala Ikan Tongkol Sebagai Substitusi Konsentrat Terhadap Pertambahan Berat Badan dan Konversi Pakan Ayam Buras Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
TITIN IDAYATI.pdf

Download (18MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kepala ikan tongkol sebagai bahan pakan pengganti sebagian konsentrat dalam ransum ayam buras jantan, yang dimanfaatkan sebagai penghasil daging. Hewan percobaan yang digunakan adalah ayam buras jantan, berumur Sembilan minggu, sebanyak 28 ekor. Rata-rata berat badan awal hewan percobaan adalah 481,11 139,73 g. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan (P0, P1, P2, P3) dan tujuan ulangan. Masing-masing perlakuan mengandung tepung kepala ikan tongkol sebesar 0.5, 10 dan 15%. Penelitian dilaksanakan selama delapan minggu, menggunakan ransum dengan kadar protein kasar 18% dan energy metabolic 2800Kkal. Parameter yang diukur adalah pertambahan berat badan dan konversi pakan. Data yang dihasilkan dianalisis dengan analisis ragam dan apabila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT) 5% Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian tepung kepala ikan tongkol sebagai subtitusi konsentrat sebesar 5% berpengaruh terhadap pertambahan berat badan dan konversi pakan ayam buras jantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tepung kepala ikan Tongkol, Pertambahan berat badan, Pakan ayam buras
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Titin Isayati, -NIM069211838
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTitin Hartati, -NIDN-
Thesis advisorSoetji Prawesthirini, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:50
Last Modified: 28 Mar 2023 02:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item