Perbandingan Antara Acupressure Points For Lactation Dan Pijat Oksitosin Dalam Meningkatkan Produksi Asi Pada Ibu Postpartum Di Rsud Kabupaten Kediri

Dwi Rahayu, - (2014) Perbandingan Antara Acupressure Points For Lactation Dan Pijat Oksitosin Dalam Meningkatkan Produksi Asi Pada Ibu Postpartum Di Rsud Kabupaten Kediri. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
DWI RAHAYU.pdf

Download (62MB)
Official URL: http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Menyusui merupakan salah satu proses adaptasi yang dialami ibu postpartum. Bila seorang ibu dibantu dengan baik pada saat mulai menyus~ ibu akan berhasil untuk terns menyusui. Produksi ASI yang sedikit pada hari-hari pertama melahirkan menjadi kendala dalam pemberian ASI. Acupressure points for lactation merupakan solusi untuk mengatasi ketidaklancaran produksi ASI. Tindakan tersebut membantu memaksimalkan reseptor prolaktin dan oksitosin serta meminimalkan efek samping dari tertundanya proses menyusui. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan perbandingan antara Acupressure Points for Lactation dan pijat oksitosin dalam meningkatkan Comfort dan Produksi ASI Pada lbu Postpartum. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan pre-post test design with control group. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling, sebanyak 27 lbu Postpartum primipara, dibagi 3 kelompok. Kenyamanan diukur dengan GCQ (General Comfort Questionarre), Produksi ASI diukur dengan Weighing Test. Data diukur sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan, kemudian dianalisa dengan ANOV A dengan a : 0,05. Hasil analisa untuk Kenyamanan didapatk:an nilai p: 0.035 yang berarti ada perbedaan Kenyamanan yang signifikan antara Acupressure Points For Lactation, pijat Oksitosin dan Kelompok kontrol. Hasil pengukuran produksi ASI didapatk:an nilai p: 0.013 yang berarti ada perbedaan produksi ASI yang signifikan antara Acupressure Points For Lactation, pijat Oksitosin dan Kelompok kontrol Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa Acupressure Points For Lactation dapat meningkatkan Kenyamanan dan Produksi ASI pada lbu Postpartum di RSUD Kabupaten Kediri. Untuk itu perlu digunakan sebagai intervensi alternatif dalam melakukan perawatan pada lbu Postpartum, dan perawat perlu mengajarkan teknik ini kepada pasien agar lebih mandiri dalan1 mengatasi masalah laktasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK FKP N Rah p
Uncontrolled Keywords: Acupressure Points For Lactation, Comfort, milk production
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Rahayu, -NIM131214153019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorBudi Santoso, -NIDN-
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:38
Last Modified: 28 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item