Variasi Musim Kelahiran dan Berat Badan Lahir (Studi Komparatif di Rumah Sakit Katolik Surabaya dan Rumah Sakit Umum Daerah Maumere)

Lucy Dyah Hendrawati (2001) Variasi Musim Kelahiran dan Berat Badan Lahir (Studi Komparatif di Rumah Sakit Katolik Surabaya dan Rumah Sakit Umum Daerah Maumere). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KKA KK TKD 19-01 Hen v.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan, karena ada fenomena di dalam masyarakat mengenai "musim kawin" dalam artian perkawinan dilangsungkan pada bulan-bulan tertentu. Pola perkawinan (terjadinya konsepsi yang pertama) ini akan berpengaruh pada variasi musim kelahiran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis, yang bersifat komparatif. Sampel penelitian ini ditarik secara purposif, sebagai sampel penelitian adalah wanita yang melahirkan dan bayi yang baru lahir diukur berat badannya. Hasil perhitungan dengan tes Chi-Kuadrat membuktikan, ada variasi musim kelahiran dan variasi musim kelahiran anak pertama di Surabaya maupun di Maumere. Jika dibandingkan kedua daerah ini, ternyata menunjukkan pola kelahiran yang hampir serupa, di mana pada bulan 1 dan 2, serta bulan 8 sampai bulan 12 karena, pada saat konsepsi dilakukan adC;llah musim hujan. Kelahiran meningkat sekitar bulan 4 sampai bulan 7, hal ini disebabkan saat konsepsi keadaan makanan berlebih yaitu pada saat musim panen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD 19-01 Hen v
Uncontrolled Keywords: Kelahiran, Berat Badan Lahir, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Magister Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Lucy Dyah Hendrawati099712489M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGlinkaNIDN-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:15
Last Modified: 28 Mar 2023 08:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121091
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item