Pemanfaatan Tanaman Daun Wungu (Graptophyllum pictum (L) Griff) Sebagai Alternatif Pengobatan Pada Ayam Yang Diinfeksi Eimeria Tenella

Ibnu Rahmadani, - (2000) Pemanfaatan Tanaman Daun Wungu (Graptophyllum pictum (L) Griff) Sebagai Alternatif Pengobatan Pada Ayam Yang Diinfeksi Eimeria Tenella. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Full Text)
IBNU RAHMADANI_compressed.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Penelitian in; benujuan untuk mengetah ui khasiat dari daun tanaman Datln Wungu [GraplOphyf/lIl1I f'ie/1I1/1 (L) Griff.] sebagai altemat if pengobalan koksidiosis pada ayam yang diinfeksi I!·imeria /ene/la ditinjau dari skor perlukaan sekllm dan gambaran hislopalolagi sekwll. Sejumlah 24 ckar DOC pedaging betina CP 707 digunakan sebagai hewan caba yang dibedakan alas kelampak kalllral (PO). PI. 1> 11 . PilI. Saat ayam ul1lur 21 har; pada masing-masing ayam dilakukan infeksi sejumlah 5000 aakisla I:·lfllt'rlll lel/dla secara peroral kemlldian dilakllkan pengabatan 24 jam setelah infcksi secara per oral. pada perlakuan PI dcngan sediaan perasan, PI I dengan sediaan inrusa dan PIli dengan scdiaan ekstrak dalln [( ;raf'fOphyf/ul11 P'CIlIl1I (L) GrifT.], pengabatan in; dilaksanakan selama tlljuh hari. Data skar perlllkaan sekum dan gambaran hi slopala logi sekllm yang diperoleh dilakukan lIji Kruskall Wallis. bila terdapat perbedaan yang nyata dilanju tkan dengan uji Z 5 % unluk Illcngetahui perbedaan pada masing-masing perlakuan. Hasi] statistik menunjukkan adanya perbedaan yang nyata anlar kelompak pedakuan (P<0.05). dan terdapat perbedaan yang nyata efek terap; antam benluk sediaan perasan dan ekstrak jika dibandingkan belli uk sediaan infilsa (p<O.05) ditinjau dari ska r perlukaan sekum dan gambaran hislopalOlogi sekum."

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daun Wungu, Graptophyllum pictum (L) Griff, Pengobatan Pada Ayam, Eimeria Tenella
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Ibnu Rahmadani, -069512206
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:23
Last Modified: 28 Mar 2023 07:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item