PENGARUH PENGAWETAN DENGAN MENGGUNAKAN FUMIGASI LARUTAN FORMALIN—KMnO4 TERHADAP LAMA PENYIMPANAN TELUR

LIDIA WIJAYA,VTI, - (1999) PENGARUH PENGAWETAN DENGAN MENGGUNAKAN FUMIGASI LARUTAN FORMALIN—KMnO4 TERHADAP LAMA PENYIMPANAN TELUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
Lidia Wijayanti20230304_12183582_.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas fisik kuning telur yang telah difumigasi dan disimpan dalam waktu lima minggu. Sejumlah 120 butir telur ayam umur sehari dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat kemudian diambil secara acak dan dibagi dua kelompok perlakuan sebagai berikut: telur yang ditempatkan pada eggtray dan dibiarkan di udara terbuka (BO), telur yang diberi perlakuan fumigasi selama 60 menit (B1). Kemudian dilakukan pengamatan terhadap kualitas fisik kuning telurnya meliputi pH, indeks, persentase berat dan warna. Hasil penelitian diselesaikan dengan analisis Uji F, yang disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap Pola Faktorial dengan 2 faktor yaitu faktor fumigasi dan lama penyimpanan. Faktor fumigasi terdiri dari 2 taraf sedangkan faktor lama penyimpanan terdiri dari 6 taraf dan masing-masing perlakuan dilakukan 10 kali ulangan. Data yang diperoleh dianalisa dengan metode Analisa Varian dan Uji Jarak Berganda Duncan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan fumigasi dapat mempertahankan nilai kesegaran komersial kuning telur (p<0,05) yang dilihat dari nilai pH, indeks dan persentase berat kuning telur dan tidak berpengaruh pada warna kuning telur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FUMIGASI, FORMALIN-KMnO4, TELUR
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
LIDIA WIJAYA,VTI, -NIM069412081
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorACHMAD SADIK, --
ContributorJULIE SUPRAPTINI, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:11
Last Modified: 29 Mar 2023 01:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item