Efektifitas Pemberian Antibodi Monoklonal IgG1 Streptococcus Mutans 1© 67 KDa Sebelum Aplikasi Light Curing Fissure Sealant Terhadap Jumlah Streptococcus Mutans Pada Permukaan Oklusal Gigi

Muhammad Luthfi (2002) Efektifitas Pemberian Antibodi Monoklonal IgG1 Streptococcus Mutans 1© 67 KDa Sebelum Aplikasi Light Curing Fissure Sealant Terhadap Jumlah Streptococcus Mutans Pada Permukaan Oklusal Gigi. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKG. 03-05 LUT e.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai saat ini karies masih menjadi masalah diseluruh dunia terutama di negara berkembang seperti Indonesia yang secara perlahan terus meningkat. Berbagai upaya pencegahan terus dilakukan, salah satunya adalah metode pelapisan resin pada pernukaan enamel yang dietsa asam. Metode ini potensial untuk tindakan pencegahan karies yang langsung dapat diaplikasikan pada permukaan oklusal gigi. WaJaupun demikian karies pada perrnukaan oklusal gigi masih banyak ditemukan terutama pada daerah pit dan fissure dimana hal ini disebabkan karena adanya kebocoran kecil pada saat aplikasi resin. Pada saat ini dikembangkan proses pencegahan karies dengan imunisasi aktif dan pasif secara lokal dengan antibodi monoklonal yang merupakan antikaries yang efektif dan akan mengeliminasi Streptococcus mutans (S. mutans) dalam jangka waktu yang lama. Disamping itu pencegahan karies dengan cara pemberian antibody monoklonal IgG1 S. mutans l© 67 kDa (antibodi monoklonal IgG1)sebelum aplikasi light curing fissure sealant dikembangkan dalam upaya menutupi kekurangan dari bahan fissure sealant sebagai bahan pcncegah karies gigi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pemberian antibody monoklonal IgG1 sebelum aplikasi light curing fissure sealant terhadap jumlah S. mutans pada perrnukaan oklusal gigi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA TKG 03-05 Lut e
Uncontrolled Keywords: Streptococcus mutans, Monoclonal antibodies, light curing fissure sealant
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > S2 Ilmu Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad LuthfiNIM090114262M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDIwan Hernawan-
UNSPECIFIEDAndjar Sardjimah-
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:11
Last Modified: 29 Mar 2023 01:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121118
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item