Perbedaaan Evektifitas antara Vaksin ND Aktif Strain La Sota dengan Vaksin BD Inaktif pada Kelompok Ayam Tertular Newcatle Diseases Terhadap Kemungkinan Pencegahan Penyebaran Penyakit

Ida Bagus Made Oka, - (1987) Perbedaaan Evektifitas antara Vaksin ND Aktif Strain La Sota dengan Vaksin BD Inaktif pada Kelompok Ayam Tertular Newcatle Diseases Terhadap Kemungkinan Pencegahan Penyebaran Penyakit. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
OKA IDA BAG MADE 1987 .pdf

Download (32MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang perbedaan efektivitas antara vaksin ND aktif strain La Sota dengan vaksin ND inaktif pada kelompok ayam tertular Newcastle Disease, terhadap kemungkinan pencegahan penyebaran penyakit telah dilaksanakan dari tanggal 15 Juni sampai 21 September 1986. Anak ayam petelur yang dipakai penelitian berjumlah 100 ekor dari jenis super harco (Charoen Pokphand) dipelihara dalam kandang milik Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya. Vaksin ND aktif strain La Sota dan vaksin ND inaktif diperoleh dari Pusat Jeterinaria Farma Surabaya. Pemeriksaan entibodi dilakukan dengan uji hambat hemaglutinasi (HI) mikrotiter. Antibodi maternal diukur pada anak ayam setelah berumur 21 hari. Penelitian dilakukan pada 3 kelompok ayam yang setiap kelompoknya berjumlah 30 ekor yang diambil secara acak. Pada masing-masing kelompok digabungkan 3 ekor ayam yang disuntik virus virulen secara intramuskuler. Setelah pada kelompok ada yang menunjukkan gejala ND selain ayam yang disuntik virus ND virulen, dilakukan vaksinasi dengan vaksin yang berheda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Vaksin ND Aktif Strain La Sota; Vaksin BD Inaktif
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL750-795 Animal behavior
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Ida Bagus Made Oka, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorRahayu Ernawati, --
ContributorSoelistyanto, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:31
Last Modified: 29 Mar 2023 03:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121169
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item