Pengaruh Musim Dan Dosis Kaporit Terhadap Jumlah Total Bakteri Dan Escherichia Coli. Air Sumur Pada Peternakan Sapi Perah

Brigida Quinta Ardani, - (1998) Pengaruh Musim Dan Dosis Kaporit Terhadap Jumlah Total Bakteri Dan Escherichia Coli. Air Sumur Pada Peternakan Sapi Perah. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
ARDANI BRIGIDA OQINTA 1998.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh musim dan dosis kaporit terhadap jumlah total b akteri dan Escherichia coli, mengetahui interaksi antara musim dan dosis kaporit terhadap jumlah total bakteri dan Escherichia coli dan menentukan dosis kaporit yang tepat sebagai desinfektan air sumur peternakan sapi perah . Pada penelitian ini digunakan delapan sampel air sumur yang diambil pada musim penghujan dan delapan sampel alf sumur yang diambil pada musim kemarau dari peternakan sapi perah di Kabupaten Pasuruan yang mempunyai j arak pembuangan feses sekitar 8 - 13 meter dari sumur. Kemudian di1akukan klorinasi dengan menambah kaporit pada masing-masing gelas beker berturutturut 0,00 ppm; 0,25 ppm; 0,50 ppm; 0,75 ppm dan 1,00 ppm. Parameter yang diamati adalah jumlah koloni bakteri yang masih hidup pada media Nutrient Agar (NA) dan Escherichia coli pada media Eosin Metylen Blue Agar (EMBA) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan musim dan dosis kaporit berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah total bakteri (P < 0,01 ), serta terdapat interaksi antara musim dan dosis kaporit terhadap jumlah total bakteri dengan dosis efektifnya 0, 75 ppm pada musim kemarau dan 0,25 ppm pada musim penghujan . Sedangkan untuk Escherichia coli hanya dosis kaporit yang berpengaruh sangat nyata (P < 0,01) dengan do sis efektifnya 0,25 ppm .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bacteria
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Brigida Quinta Ardani, -NIM069011684
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSetyawati Sigit, --
ContributorAnita Asali, --
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:00
Last Modified: 29 Mar 2023 04:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121170
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item