Pengaruh Pemberian Acepromazine Dan Berbagai Dosis Ketamin Terhadap Beberapa Parameter Fisiologi Merpati Jantan (Columba Livia)

Andy Siswanto, - (1998) Pengaruh Pemberian Acepromazine Dan Berbagai Dosis Ketamin Terhadap Beberapa Parameter Fisiologi Merpati Jantan (Columba Livia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ANDY SISWANTO 069312002.pdf

Download (19MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh pemberian acepromazine dan berbagai dosis ketamin terhadap beberapa parameter fisiologis merpati jantan. Sebagai hewan percobaan digunakan 27 ekor merpati jantan dewasa umur 5-6 bulan dengan berat badan antara 0,25-0,38 kg. Merpati dibagi dalam tiga kelompok perlakuan, masing-masing kelompok terdiri sembi Ian ekor. Kandang yang dipakai selama periode adaptasi berupa kandang baterai. Perlakuan percobaan adalah pemberian acepromazine dosis 0,5 mg/kg bb dan ketamin dosis 15 mg/kg bb (perlakuan 1), acepromazine dosis 0,5 mglkg bb dan ketamin dosis 20 mg/kg bb (perlakuan II) dan acepromazine dosis 0,5 mg/kg bb dan ketamin dosis 25 mglkg bb (perlakuan Ill). lnjeksi dilakukan secara intramuskuler disisi lateral karilla stemi merpati. Rancangan penehtian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap untuk penghitungan mula kerja dan lama kerja pembiusan, Rancangan Acak Lengkap Pola Petak Terbagi (Split Plot) untuk penghitungan frekuensi jantung, frekuensi respirasi dan temperatur tubuh merpati. Hasil analisis statistik yang digunakan untuk mula kerja dan lama kerja pembiusan adalah uji F. Jika terdapat perbedaan yang nyata diantara perlakuan (p<0,05) dilanjutkan dengan uji Bcda Nyata Terkecil 5% (BNT 5%). Penghitungan statistik untuk frekuensi jantung, frekuensi respirasi dan temperatur tubuh menggunakan Statistik Package for Social Science (SPSS) Release 7 Under Windows '97. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian acepromazine dan berbagai dosis ketamin (15,20 dan 25 mglkg bb) tidak terdapat perbedaan yang nyata (p>0,05) terhadap mula kerja pembiusan., frekuensi jantung dan frekuensi respirasi, sedangkan terhadap lama kerja pembiu'san dan temperatur tubuh menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) diantara perlakuan. Pemberian acepromazine dan berbagai dosis ketamin mengakibatkan terjadinya penurunan frekuensi jantung dan temperatur tubuh tetapi meningkatkan frekuensi respirasi merpati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Acepromazine
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Klinik Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Andy Siswanto, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:06
Last Modified: 29 Mar 2023 06:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item