Pengaruh Pemberian Ekstrak Air Phyllanihus Niruri L sebagai Imunostimulator pada Ayam yang Divaksin ND (Newcastle Disease)

Jola Rahmahani, - (2000) Pengaruh Pemberian Ekstrak Air Phyllanihus Niruri L sebagai Imunostimulator pada Ayam yang Divaksin ND (Newcastle Disease). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KKA KK TKD 21-01 Rah p.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pada umumnya wabah Newcastle Disease terjadi pada peternakan ayam, jika ayamnya mempunyai derajat kekebalan atau titer Hi (Haemaglutination Inhibition) kurang dari 5 (log2). Untuk mengatasi hal ini perlu kiranya memberikan bahan yang bersifat sebagai bahan imunostimulan, sehingga dapat meningkatkan pembentukan antibodi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh tanaman Phyllanthus niruri L. Terhadap respons imun humoral pada ayam yang divaksin Newcastle Disease. Penelitian menggunakan rancangan Arah Lengkap (RAL). Pre post control group design. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian ekstrak air Phyllanthus niruri L dapat meningkatkan titer antibodi HI secara nnyata yaitu muali minggu ke 2 pada semua perlakuan (kelompok III, IV, V) dan peningkatan tajam terjadi pada minggu ke 3 baik pada kelompok maupun kelompok perlakuan. Khususnya pada perlakuan (P9) berbeda nyata (p < 0,05), dengan perlakuan yang lain. Begitu pula untuk P5, P6, P7 terjadi peningkatan titer HI yang berbeda nyata dengan kontrol (PI), pada minggu ke 3_ Pada umumnya semua perlakuann mulai terjadi penurunan titer antibodi HI, pada minggu 4; kecuali titer antibodi HI paling tinggi dicapai oleh P6 kelompok III berbeda nyata (p < 0,05) dengan kontrol.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD 21-01 Rah p
Uncontrolled Keywords: Newcastle Disease, Imunisasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Magister Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Jola Rahmahani, -NIM099712491 M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.G.B. AmitabaNIDN-
Thesis advisorRahaju ErnawatiNIDN-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Mar 2023 05:55
Last Modified: 29 Mar 2023 05:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item