Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Perawat Dalam Penatalaksanaan Pasien TB Di Irna Palem I RSUD Dr. Soetomo Surabaya Penelitian Deskriptif Analitik

Anastasia Tiara Ayu Hapsari, - (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Perawat Dalam Penatalaksanaan Pasien TB Di Irna Palem I RSUD Dr. Soetomo Surabaya Penelitian Deskriptif Analitik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Anastasia Tiara Ayu Hapsari 13121112303320230304_11341327.pdf

Download (32MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ketidakpatuhan pasien selama masa pengobatan berakibat pada terjadinya kasus MDR-TB dan meningkatkan angka kematian. Hal ini terjadi jika tatalaksana dalam pengobatan TB belum mampu melaksanakan sesuai yang diharapkan di pelayanan, karena perawat seringkali hanya melakukan perintah dokter sesuai yang di tulis.Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui faktorfaktor yang meriipengaruhi peiail perawat dalam peiiatalaksanaan-TB di RSUD Dr. Soetomo Surabaya agar pelyanan kesehatan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Desain penelitian analitik dengan pendekatan Crossectional, populasinya adalah perawat pada IRNA Palem 1. V ariabel yang diteliti yaitu faktor tingkat pengetahuan, proses manajemen, motivasi kerja, teknik komunikasi dan kreativitas yang mempengaruhi peran perawat sebagai Care provider, Colaborator, Comunicator dan sebagai Community Leader. Analisis data dilakukan dengan Uji Chi Square (Fisher 's Exact test) dan analisis tabel. Hasil penelitian adalah faktor tingkat pengetahuan, proses manajemen, dan, kreatifitas baik, faktor motivasi kerja dan teknik komunikasi mayoritas kriteria cukup. Hasil uji statistik p=0,091 (p< 0,1) pada analisis faktor kreatifitas terhadap peran perawat sebagai Care provider. Kesimpulannya Faktor kreatifitas berpengaruh terhadap peran perawat sebagai Care provider. Di sarankan untuk meningkatkan kreativitas tenaga perawat melalui pelatihan menjadi perawat profesional menangani tata laksana TB dan teknik komunikasi Dipandang perlu dilakukan penelitian yang sama dengan jumlah responden yang lebih banyak dan dilakukan pada beberapa RS dan unit layanan kesehatan yang menangani pasien TB terutama dengan kualifikasi S 1 Keperawatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, proses manajemen, motivasi kerja, teknik komunikasi, peran perawat.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Anastasia Tiara Ayu Hapsari, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:48
Last Modified: 29 Mar 2023 06:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121217
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item