Aplikasi Diabetes Empowerment Education Meningkatkan Self Empowerment Dan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Wilayah Puskesmas Bendo Kabupaten Kediri

Nian Afrian Nuari, - (2013) Aplikasi Diabetes Empowerment Education Meningkatkan Self Empowerment Dan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Wilayah Puskesmas Bendo Kabupaten Kediri. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (TESIS)
NIAN AFRIAN NUARI.pdf

Download (53MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis yang memerlukan kemampuan individu dari pasien untuk mematubi penatalaksanaan penyakitnya yang dianjurkan oleh dokter. Diabetesi harus mampu melakukan pengelolaan DM tersebut untuk mencegah komplikasi dengan memaksimalkan aspek aspek yang ada dalam dirinya untuk menentukan pilihan yang terbaik. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi personal foe/or, perceived benefils of aclion, perceived barrier to action dan menganalisis pengaruh penerapan diabetes empowerment education tehadap self empowerment dan kualitas hidup pasien DM tipe 2. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimen with non randomized control group pretest posttest design. Sampel yang digunakan sebanyak 32 responden dibagi menjadi kelompok kontrol dan perlakuan dengan tehnik sampling purposive. Pengumpulan data self empowerment dengan kuesioner Diabetes Empowerment Scale (DES), sedangkan kualitas hidup menggunakan Diabetes Quality of Life (DQoL). Hasil penelitian kemudian dilakukan analisis dengan Wilcoxon Sign rank test dan Mann Whitney test dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan self empowerment dan kualitas hidup pasien DM tipe 2 sesudah perlakuan. Analisis dengan Mann Whitney terdapat perbedaan self empowerment kelompok kontrol dan perlakuan (p= 0,029) dan ada perbedaan kualitas hidup pada kelompok kontrol dan perlakuan (p = 0,022).1tu berarti terdapat pengaruh terhadap self empowerment dan kualitas hidup. Kesimpulan dari penelitian adalah diabetes empowerment education meningkatkan self empowerment dan kualitas hidup pada pasien DM. Penelitian lanjutan perlu dilakukan dengan menggunakan parameter yang lebih objektif misalnya kadar gula darah, hemoglobin AIC untuk mengevaluasi efek diabetes empowerment education terhadap self empowerement dan kualitas hidup pasien DM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Diabetes, education, self empowerment, kualitas, hidup
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nian Afrian Nuari, -NIM131141058
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuharto, -NIDN-
Thesis advisorPurwaningsih, -NIDN0021106603
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:57
Last Modified: 30 Mar 2023 05:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item