Pengembangan Model Kualitas Kehidupan Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Komitmen Terhadap Intensi Untuk Tinggal Pada Tenaga Kepera Watan Honorer Di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya

Ike Nesdia Rahma Wati, - (2014) Pengembangan Model Kualitas Kehidupan Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Komitmen Terhadap Intensi Untuk Tinggal Pada Tenaga Kepera Watan Honorer Di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
IKE NESDIA RAHMAWATI_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: lntensi untuk tinggal perawat merupakan hal yang penting untuk mengurangi tingkat turnover dan meningkatkan stabilitas rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model kualitas kehidupan kerja, komitmen, dan kepuasan keija terhadap intensi untuk tinggal pada tenaga keperawatan honorer di Rumah Sakit Universitas Airlangga. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey eksplanatif dengan pendekatan crosssectional. Data diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 32 perawat yang bekeija di unit yang berbeda di rumah sakit ini dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan partial least square (PLS). Hasil: QNWL mempengaruhi kepuasan keija tetapi tidak mempengaruhi komitmen. Komitmen secara signiftkan dipengaruhi oleh kepuasan keija. Tidak ada pengaruh kepuasan keija terhadap intensi untuk tinggal. Komitmen secara signifikan mempengaruhi intensi untuk tinggal. Pell\bahasan: QNWL secara tidak langsung mempengaruhi intensi untuk tinggal melalui kepuasan keija dan komitmen. Rekomendasi untuk meningkatkan intensi untuk tinggal adalah dengan mengembangkan kualitas kehidupan keija, kepuasan kerja, dan komitmen perawat. Rumah sakit perlu merekrut tenaga non-keperawatan untuk melaksanakan billing dan tugas administratif. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah menganalisis pengaruhempowerment, remunerasi, dan jenjang karir terhadap intensi untuk tinggal perawat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: : intensi untuk tinggal, kualitas kehidupan keija perawat, kepuasan keija, komitmen.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Ike Nesdia Rahma Wati, -NIM131214153047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorNURSALAM, -NIDN0025126601
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:53
Last Modified: 30 Mar 2023 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item