Pengaruh Furazolidon Terhadap Produksi Dan Sporulasi Serta Infektifitas Ookista Eimeria Yenella Pada Ayam Pedaging

Sri Endah Ekandari, - (1996) Pengaruh Furazolidon Terhadap Produksi Dan Sporulasi Serta Infektifitas Ookista Eimeria Yenella Pada Ayam Pedaging. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
Sri Endah Ekandari 069111719.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian furazolidon terhadap kemampuan produksi, sporu¬lasi dan infektifitas ookista Eimeria tenella pada ayam pedaging. Peneiitian terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap I untuk mengetahui produksi dan daya sporulasi ookista, sedangkan tahap II untuk mengetahui daya infektifitas ookista berasal dari tahap I. Masing-masing tahap digu¬nakan 40 ekor ayam pedaging jenis Indian River berumur 28 hari. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Ran¬cangan Acak Lengkap yang terdiri dari empat perlakuan dan 10 ulangan. Masing-masing ayam pada tahap I diinfek¬si 10.000 ookista E. tenella secara peroral pada saat ayam berumur 28 hari dan hari kedua pasca infeksi dibe¬rikan furazolidon melalui pakan selama tiga hari bertu¬rut-turut. Perlakuan A (tanpa pemberian), B (0,5 g/ kg pakan), C (1 g/ kg pakan) dan D (1,5 g/ kg pakan). Hari ketujuh pasca infeksi ookista diambil dari isi sekum, disporulasi, kemudian dihitung jumlah ookista dan persen¬tase ookista yang bersporulasi. Tahap II merupakan kelanjutan tahap I. Masing-masing ayam diinfeksi 10.000 ookista asal perlakuan A untuk A', perlakuan B untuk B', perlakuan C untuk C' dan perlakuan D untuk D'. Tujuh hari pasca infeksi diukur pertambahan berat badan dan nilai perlukaan sekum. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pemberian furazolidon dosis 1,5 g/ kg pakan dapat menurunkan pro¬duksi dan daya sporulasi ookista secara nyata (p < 0,05), sedangkan pemberian furazolidon dosis 0,5 g/ kg pakan dan 1 g/ kg pakan tidak berpengaruh nyata (p > 0,05) terha¬dap penurunan produksi dan sporulasi ookista. Selanjut¬nya hasil analisis statistik terhadap daya infektifitas ookista melalui pengukuran pertambahan berat badan dan nilai perlukaan sekum tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna, sehingga dapat dikatakan bahwa pemberian fura¬zolidon dosis 0,5 g/ kg pakan, 1 g/ kg pakan dan 1,5 g/ kg tidak dapat menurunkan daya infektifitas ookis¬ta E. tenella secara nyata (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Furazolidon, Ookista Eimeria Yenell, Ayam Pedaging
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF925 Veterinary physical medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Sri Endah Ekandari, -NIM069111719
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Mumpuni, --
Thesis advisorRetno Sri Wahjuni, -nidn0006035602
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Mar 2023 13:25
Last Modified: 30 Mar 2023 13:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item