HUBUNGAN ANTARA PENURUNAN KADAR ASAM URAT DENGAN KEPARABAN KLINIS YANG DIUKUR DENGAN SKALA NmSS PADA PASIEN STROKE TROMBOTIK AKUT

Tarmizi,dr, - (2016) HUBUNGAN ANTARA PENURUNAN KADAR ASAM URAT DENGAN KEPARABAN KLINIS YANG DIUKUR DENGAN SKALA NmSS PADA PASIEN STROKE TROMBOTIK AKUT. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Full Text)
kk ppds neu 07 16 tar h_compressed.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Lalar belakang Stroke adalah sa1ah satu penyebab kematian yang utama. Pada stroke iskemilc: akut terjadi peningkatan stress oksidatif dan penurunan kadar antioksidan, tcnnasuk asam ural Asam Unit adalah salah satu anLioks idan yang paling penting dalam serum dan plasma sebagai neuroprotektif Pacta peneJitian hewan cobs.. namun penelitian pada manusia masih kontrovcrsial. Bcbcrapa pcnelitian telah meneliti hubungan kadar asam urat dengan stroke iskemilc akul. nwnwl belwn ada kesatuan pendapaL Yuju •• Penclitian ini bertujuan untuk menganaJisis hubungan antara perubaJum kadar serum asam W""a1 dengan NlHSS pada penderita stroke trombotik akul Metode Pcnelitian ini merupakan pcnclitian observasional analiLik dengan rancangan penelitian prospective cohorl. Subjck penelitian berjwnlnh lima puluh lima amog yang merupakan penderita stroke trombotik akut.Penderita dimwat di ruang sarnf RSUD Dr. SoetomolFK UNAIR pcriode Januari - September 20 15. Pemeriksaan kadar serum asam ural. dcngan menggunakan Cobas C-501 dan defisit neurologis diukur dengan NmSS pada saat 72 jam dan tujuh hari onsel Hasil dan korelasi dianalisis secara statistik dengan menggunnkall uji regresi Joglstik. Uasi! Rernta usia subjek penelitian ini 55,3 ± 9,0 Wllnl. Subjek peneJitian terdirl dari 31 Jaki-laki dan 24 perempuan. Rerata kadar asam urat saat masuk. 4,9 ± 1,2 mgldL dan pada saal 7 hali onset 4,7 ± 1,.2 mgldL. Rerata skaJa NLHSS saal masuk 6,6 ± 2,6 dan pada saa1 7 han onset 3,8 ± 2,8. Didapatkan 18 subjek (32,7%) yang mengaJami penurunan kadar ilS3Dl ural > 0,6 mgldL, dimana 15 orang (83,3%) mengalami perbaikan klillis c1engan nilai p<O,OOOJ . Terdapat bubungan yang bermakna antara penunman kadar asam urat dcngan pcrbaikan klinis (NlHSS), RR 13,5 dengan nilai 95% lK (3,2 - 56,8). Kesimpulan PcnUl""lman kadar asam Uf'dt serum pada hari ke 7 setelah awitan dapat dipakai scbagai prcdilctor keparahan klinis penderita stroke trombotik akut."

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: kk ppds neu 07 16 tar h
Uncontrolled Keywords: uric acid. NIHSS. acute thrombotic stroke.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Neurologi (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Tarmizi,dr, --
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:57
Last Modified: 31 Mar 2023 01:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121405
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item