Pengaruh Latihan Fisik Gerak Sendi (Rom) Terhadap Penurunan Nyeri Sendi Pada Lansia (Middle Age) Penelitian Quasy-Experiment Di Desa Wajak Kabupaten Malang

Dwi Cahya Maharani (2008) Pengaruh Latihan Fisik Gerak Sendi (Rom) Terhadap Penurunan Nyeri Sendi Pada Lansia (Middle Age) Penelitian Quasy-Experiment Di Desa Wajak Kabupaten Malang. UNSPECIFIED thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Dwi Cahya Maharani_010410779 B.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri sendi merupakan masalah utama yang akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari pada lansia. Salah satu cara untuk mengurangi nyeri sendi pada lansia adalah dengan melakukan latihan fisik gerak sendi (ROM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh latihan fisik gerak sendi (ROM) terhadap penurunan nyeri sendi dengan menggunakan desain quasy experimental. Populasi penelitian ini adalah lansia yang berusia 45-59 yang tinggal di Desa Wajak Kabupaten Malang dengan sampel yang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 10 orang kelompok perlakuan dan 10 orang kelompok kontrol yang telah memenuhi kriteria inklusi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah latihan fisik gerak sendi (ROM), dan variabel dependen adalah lansia dengan keluhan nyeri sendi. Sebelum latihan fisik dilakukan, di dahului dengan pemanasan selama 5 menit, kemudian dilanjutkan dengan latihan gerak sendi yang dilakukan secara berurutan dari ekstremitas atas sampai bawah 5-10 ulangan. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi dan kuesioner, untuk mengetahui tingkat nyeri sendi dengan skala nyeri Bourbonais, analisa data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test untuk menilai perbandingan antara pre perlakuan dan post perlakuan dan uji Mann Whitney test untuk menilai perbandingan keluhan nyeri sendi pada kelompok perlakuan dan kontrol pre perlakuan dan post perlakuan dengan nilai signifikansi p<0,05, dari 20 lansia, 9 orang pada kelompok perlakuan dan 3 orang pada kelompok kontrol mengalami penurunan nyeri sendi. Hasil uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan setelah olahraga jalan kaki (p = 0,006),dan uji Mann Whitney test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kontrol (0,015) sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan fisik gerak sendi (ROM) dapat menurunkan nyeri sendi pada lansia. Penelitian perlu dilakukan lebih lanjut dengan menggunakan lebih banyak responden dan waktu lebih lama sehingga hasil yang didapat lebih akurat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Range of motion exercise, joint pain, older people (Middle Age)
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Cahya MaharaniNIM010410779 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni HaryantoNIDN'0008066305
UNSPECIFIEDRetno IndarwatiNIDN0716037801
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:16
Last Modified: 31 Mar 2023 03:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121436
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item